logo


5 Bahaya Begadang Bagi Wanita, Salah Satunya Sebabkan Depresi

Berikut adalah 5 bahaya begadang bagi wanita

21 Februari 2019 23:28 WIB

Ilustrasi begadang / insomnia.
Ilustrasi begadang / insomnia. Shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Begadang bagi sebagian orang merupakan hal yang biasa. Entah karena memang sudah terbiasa atau mungkin ada pekerjaan yang harus diselesaikan.

Faktanya, begadang bisa berdampak buruk, apalagi jika kamu seorang wanita.

Berikut adalah 5 bahaya begadang bagi wanita seperti yang dilansir Jitunews dari laman doktersehat (21/02):


Tanpa Kamu Sadari, Makanan Ini Jadi Penyebab Utama Batu Ginjal

1. Obesitas

Saat sedang menyaksikan piala dunia, wanita akan berusaha untuk terjaga dan tidak mengantuk. Mereka akhirnya menyantap banyak camilan atau kopi agar kantuk hilang. Selanjutnya, beberapa wanita juga suka sekali minum soda yang memiliki kadar gula tinggi dan berisiko sebabkan kegemukan.

Selain makanan, ada faktor lain yang menyebabkan wanita mudah sekali mengalami obesitas saat begadang. Faktor itu adalah produksi hormon grelin. Hormon ini bekerja sebagai peningkat nafsu makan. Kalau Anda senang sekali tidur malam, kemungkinan terjadi peningkatan frekuensi makan akan cukup tinggi.

2. Gangguan kesuburan

Gangguan kesuburan yang dialami oleh wanita terjadi karena kadar lemak yang ada di dalam tubuh meningkat. Kadar lemak ini akan mengganggu kerja hormon di dalam tubuh dan kemungkinan terjadi infertilitas semakin tinggi.

Wanita yang suka sekali begadang akan mengalami gangguan produksi sel telur. Kalau pun sel telur bisa dihasilkan setiap ovulasi kualitasnya akan rendah sehingga peluang terjadi kehamilan akan semakin rendah. Selanjutnya, begadang dengan frekuensi cukup tinggi bisa menyebabkan siklus menstruasi terganggu. Anda akan sering terlambat menstruasi karena ovulasi belum terjadi dan endometrium tidak terbentuk.

Bahaya Formalin Bagi Tubuh yang Harus Anda Ketahui, Salah Satunya Sebabkan Kanker

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma