logo


Tangkal Penyebaran Narkoba, BNN Gelar Pelatihan di Balai-balai Kemendes PDTT

Dana desa juga bisa digunakan untuk pencegahan narkoba melalui pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kapasitas SDM

21 Februari 2019 21:16 WIB

Sekjen Kemendes PDTT, Anwar Sanusi (kedua kiri), saat Rapat Kerja Teknis Bidang Pelatihan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Se-Wilayah Kalimantan Tahun 2019 di Banjarmasin, Rabu (20/2).
Sekjen Kemendes PDTT, Anwar Sanusi (kedua kiri), saat Rapat Kerja Teknis Bidang Pelatihan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Se-Wilayah Kalimantan Tahun 2019 di Banjarmasin, Rabu (20/2). Kemendes PDTT

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Badan Narkotika Nasional (BNN) memberikan pelatihan terkait narkoba dalam rangka mewujudkan desa bersih dari narkoba di balai-balai yang dimiliki Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Pelatihan diberikan dalam rangka menindaklanjuti nota kesepahaman bersama dengan perjanjian kerja bersama antara Kemendes PDTT dan BNN.

"Ini adalah salah satu langkah yang sangat taktis. Kalau kita membuat proteksi untuk penyebaran narkoba, proteksi yang paling efektif adalah di tingkat perdesaan," kata Sekjen Kemendes PDTT, Anwar Sanusi, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (21/2).


Peringati Hari Bhakti Transmigrasi, Pejabat Kemendes PDTT Ziarah ke Makam Pionir Transmigrasi

Anwar menjelaskan, masing-masing balai yang dimiliki Kemendes PDTT mengadakan perjanjian kerja bersama (PKB) dalam rangka mengoptimalkan peran Balai Latihan Masyarakat (BLM) untuk bisa memberikan edukasi kepada masyarakat desa dalam rangka mendorong dan mendukung program BNNm yaitu desa bersinar (bersih dari narkoba).

Menurut dia, perdesaan tidak boleh diintervensi oleh narkoba. Dengan penguatan modal sosial yang ada diperdesaan harusnya mampu menanggulangi serta mampu membersihkan seluruh potensi yang menyebabkan pengaruh dari luar untuk membawa narkoba ke desa.

Oleh sebab itu, pelatihan penting dilakukan dalam rangka memberikan pemahaman.

"Pelatihan tahun ini akan dilaksanakan di balai dan di wilayah atau lapangan dengan narasumbernya dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) atau Badan Narkotika Nasional Kota BNNK (BNNK)," katanya.

Kemendes Serahterimakan Alat Peringatan Dini Bencana untuk Pasaman Barat

Halaman: 
Penulis : Riana