logo


Kuatkan Ekonomi Maritim Lewat Pendidikan, Pemerintah Gunakan Kurikulum Kemaritiman

Pemerintah menjabarkan langkah yang diambil guna menguatkan ekonomi maritim

21 Februari 2019 15:17 WIB

ilustrasi sektor kemaritiman
ilustrasi sektor kemaritiman ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kekuatan ekonomi maritim adalah fondasi utama bagi terwujudnya cita-cita Indonesia sebagai negara Poros Maritim dunia.

Melalui 'Laporan 4 Tahun Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla', pemerintah menjabarkan langkah yang diambil guna menguatkan ekonomi maritim.

Langkah awal penguatan ekonomi maritim dilakukan dari penegakan hukum untuk menjaga kedaulatan laut agar memberikan nilai tambah bagi nelayan dalam peningkatan produksi dan industri perikanan.


Dukung Ketahanan Pangan, Pemerintah Buktikan dengan Bendungan Baru Setiap Tahunnya

Langkah selanjutnya, pemerintah membangun konektivitas melalui pembangunan tol laut guna menekankan disparitas harga dan meningkatkan daya saing bangsa, serta menyempurnakan berbagai persyarat penting untuk menciptakan tata kelola laut, termasuk tata ruang laut.

Selain itu, hal terpenting adalah pengembangan budaya maritim di Indonesia yang dibentuk melalui pendidikan, khususnya kurikulum kemaritiman.

Pemerintah menyebut sudah ada program peningkatan kesejahteraan nelayan, antara lain: penyiapan sumber daya manusia nelayan dan pendirian Pembiayaan Mikro Nelayan untuk mengembangkan aspek kewirausahaan nelayan.

Angka Buta Huruf dan Putus Sekolah Menurun, Bukti Pemerintah Komitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata