logo


Gaet Perum Perindo, KKP Komit Perkuat Sistem Logistik Perikanan

Pemanfaatan cold storage yang produktif akan menjadikan produk perikanan Indonesia lebih berdaya saing baik di pasar domestik maupun pasar international.

16 Februari 2019 15:57 WIB

Direktur Utama Perum Perindo, Risyanto Suanda, bersama Direktur Jenderal PDSPKP KKP,  Rifky E Hardijanto
Direktur Utama Perum Perindo, Risyanto Suanda, bersama Direktur Jenderal PDSPKP KKP, Rifky E Hardijanto ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), bersinergi dengan Perum Perikanan Indonesia (Perindo) untuk memperkuat sistem logistik sektor perikanan nasional.

Rifky E Hardijanto, Direktur Jenderal PDSPKP KKP, menuturkan, sistem logistik yang terintegrasi akan meningkatkan kualitas maupun value atau nilai perikanan kita.

Oleh karenanya, pemanfaatan cold storage yang produktif akan menjadikan produk perikanan Indonesia lebih berdaya saing baik di pasar domestik maupun pasar international.


Susi Tebar Ratusan Ribu Benih Ikan di Danau Kerinci

“Cold storage adalah komponen penting, agar kualitas perikanan kita lebih baik. Maka dari itu, kami (KKP) bersinergi dengan Perum Perindo untuk mengelola beberap aset cold storage kita,” tutur Rifky, saat melakukan penandatangan kerjasama di di kantor Perum Perindo Pusat, Jakarta, Jumat (15/2).

Rifky berdalih, alasan KKP memberikan kepercayaan kepada Perum Perindo adalah karena memang perusahaan BUMN milik Pemerintah bergerak untuk pemenuhan pemanfaatan aset negara demi kesejahteraan masyrakat.

“Karena kita tahu betul investasi di BUMN pun butuh proses yang panjang baik birokrasi, pembiayaan maupun lainnya. Karena memang upaya kerjasama ini tidak lain untuk lebih memanfaatkan aset negara dengan maksud dan tujuan untuk menetaskan kemiskinan, permudah value layanan publik, dan untuk peningkatan ekonomi rakyat pada umumnya. Dengan sama-sama Pemerintah akan lebih mudah dibandingkan dengan swasta,” ujarnya.

Oleh karenanya, Rifky pun berpesan kepada Perum Perindo untuk bisa memanfaatkan cold storage ini dengan baik, dirawat dengan benar, agar cold store yang ada ini bisa memberikan manfaat besar terhadap pembangunan ekonomi nasional.

“Sektor perikanan punya potensi untuk peningkatan ekonomi masyarakat, dan perikanan nasional kita,” tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama Perum Perindo, Risyanto Suanda, menambahkan, momentum penandatanganan kerjasama dengan KKP ini dinilai sangat bersejarah. Karena bagaimanapun sinergi antar KKP dengan Perum Perindo sebagai BUMN Perikanan terus didorong.

“Dukungan seperti ini tentu akan memperkuat posisi Perum Perindo di Industri Perikanan dan juga membantu kami berkontribusi lebih banyak dalam pengembangan industri perikanan,” beber Risyanto.

KKP Jalin Koordinasi dengan Stakeholder Penerbangan, Tujuannya Ini

Halaman: 
Penulis : Riana