logo


Seandainya Kamu Tahu Betapa Pentingnya Air Putih Bagi Tubuh Kita

Jika kamu kekurangan air putih maka tubuh tidak akan bekerja optimal bahkan bisa 'rusak'!

16 Februari 2019 13:01 WIB

Ilustrasi - internet
Ilustrasi - internet

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Air putih sangatlah penting bagi tubuh. Dua per tiga bagian tubuh terdiri dari air. Tanpa adanya air, tubuh tidak bisa menjaga suhu normal, melumasi sendi, atau membuang zat yang tidak terpakai dalam tubuh melalui urine, keringat dan air besar.

Oleh karenanya, agar tubuh mampu menjalankan fungsinya dengan maksimal minumlah air putih. Air diperlukan untuk melakukan proses pencernaan makanan, penyerapan makanan untuk energi, sirkulasi darah, dan memproduksi cairan air ludah.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Kecanduan Nikotin Setelah Berhenti Merokok


Manfaat 'Ajaib' Kacang Kedelai Bagi Penderita Diabetes

Sesuai dengan laopran situs hellosehat (29/11/2018), konsumsi air yang cukup juga membantu tubuh agar tetap terhidrasi. Tubuh yang kekurangan air bisa menyebabkan tubuh dan otot melemas, kram, tidak fokus, dan meningkatkan risiko kelelahan karena panas.

Otak juga membutuhkan banyak oksigen agar dapat berfungsi dengan baik. Sehingga minum air putih dapat memastikan otak memperoleh asupan oksigen yang cukup. Karena air merupakan sumber oksigen terbesar untuk otak.

Selain itu, minum air putih juga berfungsi sebagai katalis untuk pembaruan fungsi tubuh yang optimal. Minum air putih dalam jumlah cukup dapat mendukung kinerja hati dan ginjal yang memiliki fungsi untuk menghilangkan zat beracun, limbah, dan garam yang ada di dalam darah.

Minum air putih yang cukup juga menetralkan kadar pH, memperkuat kekebalan tubuh terhadap batu ginjal dan penyakit lainnya.

Kerap Bertukar Handuk? Mulai Sekarang Hentikan Jika Tak Mau Kena Resikonya!

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu