logo


Awas! Obesitas Bisa Picu 5 Jenis Kanker Ini

Waduh apa saja 5 kanker tersebut?

14 Februari 2019 15:39 WIB

Obesitas
Obesitas net

2. Kanker endometrium

Berbeda dengan kanker payudara pada perempuan menopause, kanker endometrium memiliki risiko yang sama saat perempuan belum memasuki masa menopause. Kanker endometrium lebih mungkin dipicu dengan adanya obesitas sentral dan keadaan gula darah yang tidak terkontrol.

3. Kanker kolorektal


Daftar Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Sebelum Sarapan

Pada laki-laki kanker kolorektal lebih banyak ditemukan pada individu yang tergolong obesitas berdasarkan berat badan atau IMT >27kg/m2. Sedangkan pada perempuan kanker kolorektal lebih banyak disebabkan obesitas sentral atau kondisi perut buncit. Terdapat hipotesis bahwa produksi hormon insulin abnormal pada individu obesitas memicu terjadinya kanker kolorektal.

4. Kanker Ginjal

Risiko kanker ginjal lebih tinggi dua kali lipat pada individu yang mengalami obesitas. Tidak diketahui pasti bagaimana pengaruh obesitas pada kanker ini namun produksi insulin berlebih dalam darah pada seseorang dengan obesitas kemungkinan dapat memicu perkembangan kanker ginjal.

5. Kanker esofagus

Perkembangan kanker di kerongkongan ini dapat dipicu oleh kondisi refluks pada esofagus dan menyebabkan perkembangan salah satu bentuk sel kanker adenokarsinoma. Kondisi refluks lebih mungkin dialami oleh individu obesitas dan menyebabkan inflamasi yang lebih parah.

 

Vape Lebih Aman dari Rokok? Jangan Salah, Ini 4 Bahaya yang Harus Kamu Ketahui

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma