logo


Vape Lebih Aman dari Rokok? Jangan Salah, Ini 4 Bahaya yang Harus Kamu Ketahui

Apa saja bahaya vape?

14 Februari 2019 14:55 WIB

Ilustrasi, rokok elektrik.
Ilustrasi, rokok elektrik. Getty Images

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Vape atau rokok elektrik memang sedang tren di kalangan anak muda masa kini.

Banyak anak muda yang mengkonsumsi vape karena terlihat keren ketika menghisapnya. Mereka merasa kandungan dari vape lebih aman dibandingkan rokok.


5 Makanan yang Bisa Mencegah Sekaligus Menyembuhkan Wasir, Apa Saja?

Namun benarkah vape lebih aman?

Kamu harus tahu dulu 4 bahaya dari vape berikut ini, yang dikutip dari laman Hello Dokter (14/02)

1. Menyebabkan kecanduan seperti rokok

Sama dengan rokok tembakau, vape juga mengandung nikotin, yang berarti dapat menyebabkan ketergantungan.

Orang yang menggunakan vape tetap berisiko mengalami ketergantungan, karena tabung dengan tegangan tinggi pada vape dapat mengalirkan nikotin dalam jumlah besar ke dalam tubuh.

Menurut dr. Neal Benowitz dari Center for Tobacco Control Research and Education, belum ada bukti medis yang menunjukkan bahwa vape bisa membantu menghentikan kecanduan rokok tembakau. Bahkan dalam penelitiannya menunjukkan bahwa mengurangi dosis nikotin tidak membawa perubahan apapun terhadap kebiasaan merokok.

Selain itu, penelitian lain melaporkan bahwa jenis nikotin yang ditemukan dalam vape ternyata merupakan nikotin yang paling mudah diserap oleh tubuh.

Ketika Anda menghirup nikotin, zat ini akan masuk ke otak hanya dalam waktu sekitar 10 detik. Reaksi otak terhadap nikotin adalah memproduksi hormon adrenalin, yang membuat Anda merasa lebih bersemangat dan berenergi.

Namun, efek ini sangat cepat hilang, yang akhirnya membuat tubuh Anda menjadi lemas dan tidak berenergi. Jadi seketika Anda juga merasa harus vaping lagi.

Daftar Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Sebelum Sarapan

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma