logo


KKP Jalin Koordinasi dengan Stakeholder Penerbangan, Tujuannya Ini

Terkait perkembangan biaya transportasi logistik melalui udara, Rifky mengatakan, KKP bersama stakeholder terkait akan menetapkan tiga langkah

13 Februari 2019 18:00 WIB

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Rifky Effendi Hardijanto
Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Rifky Effendi Hardijanto Jitunews/Riana

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam hal ini Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) tengah berupaya menekan biaya jasa logistik angkutan udara. Pasalnya, sekitar 50% pendistribusian produk perikanan menggunakan jasa transportasi udara.

Atas dasar itu, PDSPKP pun menjalin koordinasi dengan para stakeholder seperti dengan Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Koordinator Maritim, Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, PT Garuda Indonesia, PT Citilink, PT Sriwijaya, Angkasa Pura I, dan pelaku usaha perikanan, di Gedung KKP, Jakarta, Rabu (6/2) lalu.

Direktur Jenderal PDSPKP, Rifky Effendi Hardijanto, pun menekankan pentingnya jasa logistik guna mengatasi kendala jarak, merajut kesatuan wilayah, dan meningkatkan nilai tambah suatu produk.


Ramai Hoax Ikan Makan Potongan Tubuh Korban Tsunami, KKP Angkat Suara

“Bidang logistik ini memainkan peran yang penting dalam sebuah bisnis. Terlebih saat ini, penggunaan jasa logistik untuk produk perikanan dari beberapa titik produksi melalui transportasi udara mencapai lebih kurang 50% dari total ikan yang didistribusikan,” tutur Rifky, di Jakarta, Rabu (13/2).

Dikatakan Rifky, dalam pertemuan tersebut, Garuda Indonesia menyampaikan telah mengoperasikan 1 dari 4 pesawat freighter khusus barang yang dapat dimanfaatkan. Untuk transportasi hasil perikanan menggunakan pesawat freighter akan diawali dari Ambon.

Rifky melanjutkan, para pelaku usaha dari Bali, Mimika dan Ambon pun telah sepakat melakukan kerjasama pengiriman komoditas ekspor (udang) dari lokasi produksi menggunakan freighter Garuda dengan biaya dan volume yang disepakati kedua belah pihak.

Selanjutnya Ditjen PDSPKP akan memfasilitasi pertemuan untuk konsolidasi muatan dan kerjasama para pihak dalam distribusi hasil perikanan.

Susi Tebar Ratusan Ribu Benih Ikan di Danau Kerinci

Halaman: 
Penulis : Riana