logo


Arcandra: Sistem Online Kunci Transformasi Minerba

Arcandra berharap, pada tahun 2019 ini sistem MOMS dapat diterapkan kepada seluruh perusahaan pertambangan

12 Februari 2019 20:50 WIB

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar
Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar Dok. KESDM

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Setelah di-launching pada tanggal 2 November 2018 oleh Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, aplikasi Minerba Online Monitoring System (MOMS) kini telah dimanfaatkan oleh perusahaan pertambangan mineral dan batubara (minerba) untuk melaporkan kegiatan produksi dan penjualan komoditasnya.

"Dengan MOMS, saat ini 100% perusahaan tambang di wilayah izin pusat telah registrasi, namun untuk perusahaan di wilayah izin daerah tingkat kepatuhannya masih rendah. Komitmen kita semua dibutuhkan untuk mengawal MOMS ini," ujar Arcandra, saat membuka Sosialisasi MOMS dan e-PNBP di Makassar, Selasa (12/2).

Arcandra mengingatkan, lahirnya data produksi dan pemasaran nasional yang valid berasal dari data produksi dan penjualan perusahaan.


Soal Harga Avtur, Bos Pertamina Bilang Begini

"MOMS, e-PNBP, juga perizinan minerba online menjadi kunci penting transformasi minerba. Kita perbaiki sistem wujudkan birokrasi yang efektif dan efisien, pengusaha juga dimudahkan dalam mendapatkan pelayanan, dalam rangka sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat," ungkapnya.

Arcandra berharap, pada tahun 2019 ini sistem MOMS dapat diterapkan kepada seluruh perusahaan pertambangan yang menjadi kewenangan pemerintah pusat dan daerah.

Ia juga meminta kepada perusahaan minerba yang hadir untuk dapat melaporkan data setiap hari dengan transparan, sehingga daerah juga mendapat bagiannya dengan lebih fair.

"Di sinilah perlunya adanya peran serta Pemerintah Daerah khususnya Dinas ESDM dan Inspektur Tambang. Kami sudah menugaskan Inspektur Tambang, memastikan seluruh pemegang IUP melakukan registrasi dan input data ke dalam sistem MOMS ini," imbuh Arcandra.

Mitigasi Bencana, Jonan Bakal Bangun Tiga Pusat Riset Kegeologian

Halaman: 
Penulis : Riana