logo


Mitigasi Bencana, Jonan Bakal Bangun Tiga Pusat Riset Kegeologian

Tujuannya, untuk memudahkan langkah mitigasi, selain memberikan sosialisasi kepada Pemerintah Daerah.

12 Februari 2019 15:22 WIB

Menteri ESDM, Ignasius Jonan, bersama Kepala Badan Geologi ESDM, Rudy Suhendar, saat melakukan inspeksi di Pos Pengamatan Gunungapi Anak Krakatau Desa Pasauran, Kec. Cinangka, Kab. Serang Provinsi Banten, Jumat (28/12).
Menteri ESDM, Ignasius Jonan, bersama Kepala Badan Geologi ESDM, Rudy Suhendar, saat melakukan inspeksi di Pos Pengamatan Gunungapi Anak Krakatau Desa Pasauran, Kec. Cinangka, Kab. Serang Provinsi Banten, Jumat (28/12). Dok. KESDM

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Badan Geologi Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana membangun tiga pusat riset kegeologian di tiga zona wilayah Indonesia, Indonesia Bagian Barat, Tengah dan Timur.

Tujuannya, untuk memudahkan langkah mitigasi, selain memberikan sosialisasi kepada Pemerintah Daerah.

Menteri ESDM, Ignasius Jonan, mengatakan, pembangunan pusat riset ini sangat penting dilakukan agar langkah-langkah mitigasi dapat berjalan lebih baik.


Harga Premium Turun, DPR Apresiasi Asal…

"Pembangunan tiga unit komando untuk mitigasi bencana saya kira perlu dilakukan, satu di wilayah barat (Sumatera Barat atau Utara), tengah (Sulawesi Utara), dan wilayah timur Indonesia (Maluku atau di Nusa Tenggara). Kita akan masukkan tim ini dalam anggaran kita nanti. Ini sangat penting dilakukan karena kebencanaan geologi, baik gempa ataupun gunung berapi timingnya (waktunya) tidak dapat diketahui, kita hanya membaca "gerak-gerik" saja, jadi tidak ada alat yang dapat mengetahui waktu terjadinya bencana secara pasti," ujar Jonan, dalam Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR RI, di Jakarta, kemarin.

Dijelaskan Jonan, yang dimaksud tiga unit komando itu merupakan pusat riset semua kegiatan kegeologian seperti di Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta.

"Ini yang sangat kami perlukan agar layanan mitigasi terhadap potensi bencana geologi bisa lebih baik," tambahnya.

Soal Harga Avtur, Bos Pertamina Bilang Begini

Halaman: 
Penulis : Riana