logo


Rusia Bakal Uji Coba Matikan Layanan Internet Seluruh Negeri, untuk Apa?

Otoritas Rusia dan penyedia layanan internet utama, berencana memutuskan internet di seluruh negerinya.

12 Februari 2019 03:37 WIB

Penggunaan internet.
Penggunaan internet. Pixabay

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Otoritas Rusia dan penyedia layanan internet utama, berencana memutuskan internet di seluruh negerinya. Ini merupakan bagian dari uji coba yang telah direncanakan oleh pemerintah setempat. Sebagaimana dilaporkan kantor berita Rusia, RosBiznesKonsalting (RBK).

Dilansir dari Tek.id (11/2), tujuannya adalah untuk mengumpulkan wawasan dan memberikan tanggapan terhadap Undang-Undang yang diusulkan dan diperkenalkan Parlemen Rusia pada Desember 2018.

Baca juga: Tutup Usia, Microsoft Sarankan Pengguna Tak Gunakan Lagi Internet Explorer


Dibanderol dengan Harga Tak Wajar, Apa Hebatnya Canon EOS RP Full Frame Ini?

Selain itu, perusahaan telekomunikasi Rusia juga harus menginstal sarana teknis untuk mengubah semua rute lalu lintas internet Rusia ke titik pertukaran yang disetujui atau dikelola oleh regulator telekomunikasi Rusia, Roskomnazor.

Dilansir Zdnet (11/2), Roskomnazor akan memeriksa lalu lintas guna memblokir konten terlarang dan memastikan lalu lintas antara pengguna Rusia agar tetap berada di jalur dalam negeri. Roskomnazor juga memastikan pengguna internet Rusia tidak dialihkan kembali melalui server luar negeri.

Pemerintah Rusia sebenarnya telah mengerjakan proyek ini selama bertahun-tahun. Pada 2017, para pejabat Rusia mengatakan mereka berencana mengarahkan 95% dari semua lalu lintas internet secara lokal pada 2020. Pihak terkait juga telah membangun cadangan Domain Name System (DNS) secara lokal, yang telah teruji pada 2014 dan 2018.

Lebih lanjut pemerintah bersedia membayar tagihan dan menutup biaya penyedia internet guna memodifikasi infrastruktur mereka dan menginstal server baru, guna mengarahkan lalu lintas menuju titik yang disetujui Roskomnazor.

Pada akhirnya Rusia berupaya menerapkan sistem penyaringan lalu lintas seperti Great Firewall yang diadopsi oleh China. Selain itu, Rusia juga bertujuan memiliki intranet di seluruh negerinya yang akan berfungsi penuh jika Negara tersebut perlu memutuskan koneksi dengan negara lain.

Tutup Usia, Microsoft Sarankan Pengguna Tak Gunakan Lagi Internet Explorer

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu