logo


Keren! Ribuan Lampu Tenaga Surya Terangi Jalan Raya di Jawa Timur

PJU-TS merupakan lampu penerangan jalan yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya.

11 Februari 2019 14:32 WIB

Lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS)
Lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) ist

SURABAYA, JITUNEWS.COM - Jalan raya di empat Kabupaten Jawa Timur, yaitu Gresik, Lamongan, Tuban dan Bojonegoro telah terpasang 1.200 Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU - TS).

Proyek ini dibangun oleh Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE).

"Masalah infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat menjadi perhatian utama bagi Pemerintah. Untuk itu kami bangun PJU-TS demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Kepala Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Dwi Soetjipto, saat penyerahan unit di Gresik, Minggu (10/2).


Hore! Cadangan Minyak Bumi Ditemukan di Sumur Ini…

Sementara, Kabupaten Lamongan mendapatkan 450 unit serta Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro yang telah mendapatkan bantuan pembangunan dari Pemerintah masing-masing sebanyak 300 unit.

PJU-TS merupakan lampu penerangan jalan yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya.

"Ini bisa menjadi menjadi solusi untuk digunakan di jalan-jalan pada daerah yang belum terjangkau listrik PLN maupun pada daerah-daerah yang telah terlistriki PLN tapi ingin mengurangi konsumsi listrik daerahnya," tambah Dwi.

BBM Satu Harga, Pertamina Tambah Dua Lembaga Penyalur di Nias

Halaman: 
Penulis : Riana