logo


KESDM Tugaskan PGN Garap Jargas di 18 Wilayah, Dananya Segini!

Pertamina diminta untuk mendesain pembangunan jargas beserta infrastruktur pendukungnya secara ekonomis.

11 Februari 2019 09:36 WIB

Pekerja tengah menyelesaikan pembangunan jaringan pipa gas milik PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN).
Pekerja tengah menyelesaikan pembangunan jaringan pipa gas milik PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). dok. PGN

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Kementerian ESDM menugaskan PT Pertamina (Persero) melalui PT Perusahaan Gas Negara (PGN), untuk penyediaan dan pendistribusian gas bumi melalui jaringan distribusi gas bumi (jargas) untuk rumah tangga di beberapa wilayah Indonesia pada tahun 2019.

Penugasan tersebut untuk penyebaran di 18 Kabupaten/Kota antara lain Kota Dumai, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo. Kemudian, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Banggai, Kabupaten Aceh Utara, Kota Palembang, Kota Jambi, Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto dan Kabupaten Wajo.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM, Agung Pribadi, mengatakan, penugasan dimaksud meliputi pembangunan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga, pengembangan jargas untuk rumah tangga beserta infrastruktur pendukungnya. Serta penyaluran gas, pengoperasian dan pemeliharaan jargas untuk rumah tangga beserta infrastruktur pendukungnya.


Target Pemerintah, Minyak Dominasi Dikelola Pihak Lokal

Adapun, pembiayaan kegiatan ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Kementerian ESDM Tahun Anggaran 2019.

“Alokasi yang sudah kami berikan untuk pembangunan jargas sekitar Rp 799,96 miliar,” jelas Agung, dalam keterangan resminya, Jumat (8/2).

2019, KESDM Patok Target Produksi Batubara Sebanyak Ini…

Halaman: 
Penulis : Riana