logo


Wamen ESDM: Saya Tidak Mau Memberikan Harapan Palsu kepada Bapak Gubernur

Tujuan Kerja sama ini adalah untuk melakukan pengembangan Industri Agro-Energi di NTB

8 Februari 2019 09:21 WIB

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar.
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar. Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

Pemerintah Provinsi NTB menawarkan penggunaan lahan hutan produksi (HTP) dengan luas 33.000 hektar di Kabupaten Lombok Utara untuk budidaya tanaman yang cocok untuk pengembangan bahan bakar nabati.

"Kami sangat bangga sebagai daerah yang menginisiasi program bioetanol. Dengan adanya mitra seperti astra dan pertamina ekspansi ke wilayah Indonesia timur, saya melihat masa depan SDM (Sumber Daya Manusia) Indonesia Timur kedepannya. Dan tugas kita memfasilitasinya semua," terang Zulkieflimansyah.

Badan Litbang ESDM melalui Puslitbangtek KEBTKE memiliki kemampuan dan pengalaman dalam studi dan pengembangan bahan bakar nabati. Puslitbangtek KEBTKE melakukan penelitian dan pengembangan bioetanol berbasis nira sorghum manis dan telah bekerja sama dengan Universitas Mataram untuk membangun trial plot di Lombok Utara.


Lampu Tenaga Surya Terpasang, Warga Bengkalis Bisa Hemat Rp 700 Ribu!

Adapun, ruang lingkup kesepakatan dari MoU yang ditandatangani hari ini meliputi:

  • Evaluasi teknis, ekonomi dan hukum untuk pengembangan dan/atau negosiasi kesepakatan dalam mempercepat pengembangan dan pemanfaatan teknologi berbasis energi baru, terbarukan dan konservasi energi.
  • Peningkatan pendidikan dan kompetensi sumber daya manusia dan/atau lembaga, penyediaan tenaga ahli, dan tukar-menukar informasi dan ilmu pengetahuan.
  • Pemanfaatan dan/atau implementasi hasil pengembangan teknologi berbasis energi baru, terbarukan dan konservasi energi untuk pembangkit listrik dan/atau pemanfaatan lain dan pemberdayaan masyarakat.
  • Optimalisasi dan pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan teknologi berbasis energi baru, terbarukan dan konservasi energi.
  • Penyediaan lahan dan perizinan untuk pengembangan teknologi berbasis energi baru, terbarukan.
  • Sosialisasi pengembangan teknologi berbasis energi baru, terbarukan dan konservasi energi.

Kapal Pembawa LPG Meledak di Samarinda, Begini Respon Pertamina

Halaman: 
Penulis : Riana