logo


Akhirnya, Jonan Tetapkan Formula Harga Dasar BBM Avtur

Tujuan aturan ini diterbitkan adalah untuk menjaga kestabilan harga jual eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum jenis Avtur

7 Februari 2019 21:26 WIB

Petugas melakukan pengecekan pipa saluran bahan bakar pesawat Avtur di Depo Pengisian Pesawat Udara .
Petugas melakukan pengecekan pipa saluran bahan bakar pesawat Avtur di Depo Pengisian Pesawat Udara . Antara

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akhirnya menerbitkan aturan terkait formula harga avtur.

Adapun, tujuan aturan ini diterbitkan adalah untuk menjaga kestabilan harga jual eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum jenis Avtur dan untuk melaksanakan ketentuan Pasal 72 Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2009 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2004 tentang Kegiatan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi.

Aturan tersebut pun tertuang dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 17 K/10/MEM/2019 tentang Formula Harga Dasar dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Avtur yang Disalurkan melalui Depot Pengisian Pesawat Udara yang ditetapkan Menteri ESDM, Ignasius Jonan, pada tanggal 1 Februari 2019.


Bikin Manuver Baru, Pertamina Rilis Call Center 135

Dalam beleid tersebut, perhitungan harga dasar untuk menetapkan harga jual eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum jenis Avtur yang disalurkan melalui Depot Pengisian Pesawat Udara kepada maskapai penerbangan berbadan hukum Indonesia di titik serah untuk setiap liter ditetapkan dengan formula seperti tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Menteri ini.

Formula perhitungan harga dasar ini, dipergunakan oleh badan usaha sebagai pedoman untuk menetapkan harga jual eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum jenis Avtur yang disalurkan melalui Depot Pengisian Pesawat Udara kepada maskapai penerbangan berbadan hukum Indonesia di titik serah.

"Dalam menetapkan harga jual eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum jenis Avtur yang disalurkan melalui Depot Pengisian Pesawat Udara tersebut, ditetapkan batas atas margin sebesar 10% dari harga dasar," seperti dikutip dari laman migas.esdm.go.id, Kamis (7/2).

DPR Minta Pemerintah Kaji Regulasi LPG 3 Kg

Halaman: 
Penulis : Riana