logo


Kebut Rasio Elektrifikasi, KESDM Bagikan 98.481 Lampu Tenaga Surya

Rasio elektrifikasi nasional tahun 2018 tercatat sebesar 98,30%.

6 Februari 2019 13:08 WIB

601 Unit LTSHE Dibagikan untuk Warga Boven Digoel
601 Unit LTSHE Dibagikan untuk Warga Boven Digoel Dok. KESDM

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Peningkatan rasio elektrifikasi pun menjadi salah satu target utama dalam menjalankan program di sektor ESDM. Rasio elektrifikasi nasional tahun 2018 tercatat sebesar 98,30%.

Angka ini bahkan telah melebihi target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), yang dipatok 97,5% pada akhir 2019.

Rasio elektrifikasi ini menggambarkan jumlah rumah tangga yang sudah berlistrik dibandingkan dengan jumlah rumah tangga nasional.


Berangus Pengeboran Migas Ilegal, Begini Solusi KESDM

"Tercetusnya program LTSHE merupakan inovasi kebijakan baru yang mulai digulirkan di tahun 2017. Pemerintah sadar benar akan pentingnya akses energi yang berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia," tegas Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM, Agung Pribadi di Jakarta, Selasa (5/1).

Payung hukum pun diterbitkan dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 47 Tahun 2017 tentang Penyediaan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) Bagi Masyarakat yang Belum Mendapatkan Akses Listrik.

"Program bantuan gratis melalui pembiayaan APBN ini mampu menjadi solusi penerangan bagi wilayah-wilayah yang belum terlistriki oleh jaringan PLN," tandas Agung.

Cadangan Energi Menipis, DPR Dorong PLTN Segera Direaslisasikan

Halaman: 
Penulis : Riana