logo


Berangus Pengeboran Migas Ilegal, Begini Solusi KESDM

Tim Satgas ini nantinya diharapkan dapat secara khusus menangani praktek kegiatan illegal migas, termasuk kegiatan ilegal hulu dan hilir migas.

4 Februari 2019 20:37 WIB

Pengeboran minyak.
Pengeboran minyak. Pexels

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Djoko Siswanto, menyebut bahwa kegiatan pengeboran ilegal (illegal drilling) di sektor migas masih sulit diberantas.

"Sampai saat ini masih didapati kegiatan ilegal di sub sektor minyak dan gas bumi, termasuk ilegal drilling dan pencurian minyak bumi," tutur Djoko, saat rapat bersama komisi VII di kompleks Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat pada Senin (4/2).

Dan, untuk mengatasi illegal drilling ini, Djoko mengatakan, pihaknya akan membentuk Tim Satgas Penanganan Kegiatan Illegal Migas.


Sopir Tangki Demo Minta Jadi Pegawai Tetap, Politisi Golkar: Bakal Ditolak Pertamina

"Dan, berawal dari rapat pembahasan kegiatan ilegal migas bersama Kemenkopolhukam pada tanggal 9 Februari 2017, Kementerian ESDM telah melakukan koordinasi bersama Kemenkopolhukam terkait pembentukan Tim Satgas Penanganan Kegiatan Illegal Migas," kata Djoko.

Tim Satgas ini nantinya diharapkan dapat secara khusus menangani praktek kegiatan illegal migas, termasuk kegiatan ilegal hulu dan hilir migas.

"Pembentukan Satgas Penanggulangan llegal Migas dengan anggota lintas kementerian atau lembaga, merupakan salah satu alternatif solusi yang kami harapkan mampu menanggulangi ilegal migas secara masif dan sistematis," beber Djoko.

Lebih lanjut, Djoko memaparkan, kegiatan illegal drilling merupakan pelanggaran atas UU Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi. Kegiatan illegal drilling, antara lain terjadi di Kabupaten Aceh Timur, Kabupaten Langkat, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Batanghari, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Banyuasin, serta di WK PT Pertamina EP Asset 4 yang terletak di wilayah Kabupaten Blora, Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban.

Perayaan Imlek, Pertamina Jamin Pasokan BBM dam LPG Aman

Halaman: 
Penulis : Riana