logo


Gandeng Inalum, KESDM Kembangkan Coal Tar Pitch

Kerjasama ini adalah sebagai upaya hilirisasi sektor pertambangan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

4 Februari 2019 15:07 WIB

Kepala Badan Litbang ESDM, Sutijastoto, dengan Direktur Utama PT Inalum, Budi Gunadi Sadikin, menandatangani nota kesepahaman pengembangan pembuatan Coal Tar Pitch dari ter hasil gasifikasi batubara, di The Dharmawangsa, Jakarta, Jumat (1/2).
Kepala Badan Litbang ESDM, Sutijastoto, dengan Direktur Utama PT Inalum, Budi Gunadi Sadikin, menandatangani nota kesepahaman pengembangan pembuatan Coal Tar Pitch dari ter hasil gasifikasi batubara, di The Dharmawangsa, Jakarta, Jumat (1/2). Dok. KESDM

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Badan Litbang Kementerian ESDM bekerjasama dengan PT Inalum dalam penelitian dan pengembangan pembuatan Coal Tar Pitch dari ter hasil gasifikasi batubara.

Adapun, kerjasama ini adalah sebagai upaya hilirisasi sektor pertambangan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Keduanya pun menindaklanjuti nota kesepahaman yang ditandatangani Kepala Badan Litbang ESDM, Sutijastoto, dengan Direktur Utama PT Inalum, Budi Gunadi Sadikin, di The Dharmawangsa, Jakarta, Jumat (1/2) lalu.


Pakai Panel Surya, Tagihan Listrik Bisa Berkurang Drastis! Tertarik?

"PT Inalum dan BLU Puslitbang Tekmira berkolaborasi dalam penelitian dan pengembangan pembuatan Coal Tar Pitch dari ter hasil gasifikasi batubara, sedangkan BLU Puslitbangtek KEBTKE akan memberikan dukungan teknis terhadap penyediaan energi," ujar Sutijastoto, dikutip dari laman esdm.go.id, Senin (4/2).

Sutijastoto melanjutkan, Coal Tar Pitch (CTP) adalah residu hasil distilasi tar, sebagai produk samping dari proses pirolisis seperti proses pembuatan kokas dan gasifikasi. Kombinasi sifat kelengketan dan kadar karbon tinggi, membuatnya sangat ideal sebagai material perekat pada pembuatan anoda (elektroda penghantar listrik).

Sopir Tangki Demo Minta Jadi Pegawai Tetap, Politisi Golkar: Bakal Ditolak Pertamina

Halaman: 
Penulis : Riana