logo


Jonan: Tata Ruang Harus Pertimbangkan Potensi Bencana

Jonan meminta, Badan Geologi dapat lebih responsif dan mulai melakukan rezonasi

3 Februari 2019 19:37 WIB

Menteri ESDM, Ignasius Jonan, bersama Kepala Badan Geologi ESDM, Rudy Suhendar, saat melakukan inspeksi di Pos Pengamatan Gunungapi Anak Krakatau Desa Pasauran, Kec. Cinangka, Kab. Serang Provinsi Banten, Jumat (28/12).
Menteri ESDM, Ignasius Jonan, bersama Kepala Badan Geologi ESDM, Rudy Suhendar, saat melakukan inspeksi di Pos Pengamatan Gunungapi Anak Krakatau Desa Pasauran, Kec. Cinangka, Kab. Serang Provinsi Banten, Jumat (28/12). Dok. KESDM

BANDUNG, JITUNEWS.COM - Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, meminta, Badan Geologi dapat lebih responsif dan mulai melakukan rezonasi, khususnya di wilayah-wilayah yang terindikasi rawan bencana.

"Bapak Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dalam pidatonya dan juga Wakil Presiden, meminta untuk melibatkan Badan Geologi untuk mulai menyusun kembali Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di setiap daerah," ujar Jonan saat memberikan arahan di lingkungan Badan Geologi, Bandung, Sabtu (2/2) kemarin.

Rekomendasi yang dikeluarkan Badan Geologi akan memberikan gambaran kondisi geologi kawasan yang terindikasi berpotensi terjadinya bencana secara rinci, baik dari aspek geologi teknik dan mikrozonasi.


Harga BBM Nonsubsidi Bakal Dievaluasi Tiap Bulan, Alasannya?

Rekomendasi ini selanjutnya digunakan sebagai dasar peraturan zonasi dalam rencana tata ruang.

"Rekomendasi ini menurut saya penting sekali, karena itu, untuk Bapak dan Ibu yang bertugas di pusat air tanah, pemetaan dan lainnya, saya minta lebih responsif dan mulai tahun ini mungkin mulai mencari personil yang lebih muda karena arahan Bapak Presiden juga kalau bisa di daerah-daerah yang sudah terindikasi rawan bencana dilakukan zonasi ulang atas masukan Badan Geologi, supaya ini bisa dijadikan wilayah hunian atau tidak," terang Jonan.

"Kita harus mengupayakan jika terjadi bencana, jatuhnya korban jiwa bisa diminimkan, menurut saya ini penting sekali," lanjut Jonan.

Tembus Target Produksi Migas 206 MBOEPD, Ini ‘Rahasia’ PHE

Halaman: 
Penulis : Riana