logo


Wow! Mbah Moen Ternyata...

Kiai Haji Maimun Zubair alias Mbah Moen sangat terkenal di Rembang dan sekitarnya.

2 Februari 2019 07:03 WIB

Jokowi dan Mbah Moen
Jokowi dan Mbah Moen Detik.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Belakangan ini, nama KH Maimun Zubair alias Mbah Moen kembali hangat diperbincangkan.

Ulama karismatik asal Rembang itu pun semakin ramai dibahas netizen lantaran dikunjungi oleh Presiden Jokowi pada Jumat (1/2).

Baca juga: "Adem", Begini Ajaran Islam Menurut Mbah Moen


Tak Hanya Jokowi, Prabowo Juga Kalah dari Hashim!

Namun selain terkenal, Mbah Moen ternyata juga mempunyai sejumlah keistimewaan. Apa saja?

1. Pengalaman Panjang Mengarungi NKRI - Mbah Moen tercatat lahir pada tahun 1928. Itu berarti kiai asal Rembang ini sudah pernah mengarungi semua era (Kolonial Belanda, Pendudukan Jepang, Era Bung Karno hingga Jokowi).

2. Pengalaman di Berbagai Bidang - Selain di bidang agama, Mbah Moen juga aktif di bidang pendidikan. Pengalaman itu diperkaya dengan sepak terjangnya yang cukup panjang di dunia politik.

Selain pernah menjabat sebagai anggota DPRD Rembang selama 7 tahun, Mbah Moen juga dulunya adalah anggota MPR RI tiga periode. Saat ini, Mbah Moen masih menjabat sebagai Ketua Dewan Syuro PPP.

3. Berpengaruh di NU - Tak hanya sebagai pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang yang terkenal di Rembang, kiai sepuh ini juga merupakan Mustasyar NU bersama sejumlah kiai sepuh lain seperti KH Ahmad Mustofa Bisri dan KH Dimyati Rois.

Mustasyar NU sendiri adalah jajaran dewan penasehat syuriah dan terdiri dari para ulama sepuh NU yang tidak hanya dituakan dalam konteks usia, tetapi juga kedalaman ilmu, agama, dan spiritual.

Sering Blunder, Prabowo Didemo Barisan Umat Islam Kaffah, "Sangat Dibenci oleh Allah SWT..."

Halaman: 
Penulis : De Sukmono