logo


Ramai Hoax Ikan Makan Potongan Tubuh Korban Tsunami, KKP Angkat Suara

Rifky menegaskan bahwa isu ikan laut makan korban tsunami adalah persepsi yang salah.

1 Februari 2019 16:29 WIB

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (PDSPKP-KKP), Rifky Effendi Hardijanto, saat melakukan kunjungan ke korban bencana tsunami di Pandeglang, Serang, Banten, Selasa (30/1)
Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (PDSPKP-KKP), Rifky Effendi Hardijanto, saat melakukan kunjungan ke korban bencana tsunami di Pandeglang, Serang, Banten, Selasa (30/1) ist

Di kesempatan yang sama, Bupati Pandeglang, Irna Narulita, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan KKP kepada Kabupaten Pandeglang.

“Saya mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga kepada ibu Menteri Susi Pudjiastuti karena sudah menurunkan dirjen-dirjennya, dari 5 dirjen sudah ada 3 dirjen yang datang ke Pandeglang untuk penanganan korban tsunami dan juga para pengungsi yang harus ditangani dengan segera mulai dari kelumpuhan di sektor pariwisata, bagaimana penjualan mereka di pengolahan pemasarannya terhambat alhamdulillah dirjennya datang dan memberikan solusinya,” beber Irna.

“Yang dikatakan oleh Pak Dirjen harus ada koordinasi lintas sektoral, kami dipanggil oleh Kemneko PMK untuk memaparkan dengan hadir beberapa kementerian lembaga yang akan memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan kita. Dan, dalam waktu cepat ini akan ada klaster-klaster yang mana lumpuh total, yang mana sedang, mana ringan. Itu ada klasternya yang akan diupayakan ke sana. Mulai dari permodalan, BMKG engan BNPB untu menangani early warning system untuk gempa vulkanik yang memang belum ada. Secara keseluruhan akan diselesaikan dalam waktu cepat. Minggu depan saya akan paparkan di BNPB dengan calon pengungsi huntara,” sambung Irna.


Keren! 13 Negara Belajar Minapadi di Indonesia

Ia pun meminta kepada jajaran Kementerian-kementerian dan pemerintah Provinsi Banten agar menggelar kegiatan baik itu rapat koordinasi (rakor) dan kegiatan lainnya di Kabupaten Pandeglang, khususnya di lokasi yang menjadi dampak bencana.

Menurut Irna, dengan adanya kegiatan yang dilakukan di tempat lokasi bencana, kepercayaan masyarakat dan wisatawan untuk mengunjungi lokasi wisata akan berangsur pulih. Ia mencontohkan, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sudah melakukan hal tersebut.

“Jadi Kementerian Pariwisata Pak Menteri Pariwisatanya komit sekali setiap bulan akan datang ke Pandeglang, Desember beliau datang, Januari beliau datang dan di 25 Februari akan ada pelaksanaan kegiatan event nasional dan rakor-rakornya kementerian pariwisata di Kabupaten Pandeglang sehingga kembali pulih di sektor pariwisata,” ujarnya.

Menurut dia, masyarakat dan wisatawan perlu diberikan bukti bahwa tempat pariwisata di Pandeglang sudah siap dalam melayani wisatawan. Karenanya, ia mengimbau agar jajaran kementerian dapat merespon hal tersebut.

“Kami mengimbau kepada kementerian KKP, Kementerian PU, BNPB, kegiatan-kegiatan yang bisa dilaksanakan di Pandeglang kenapa tidak sehingga kembali pulih di sektor pariwisata,” tandas dia.

Investasi di Indonesia, Jepang Bidik Empat Sektor Perikanan Ini

Halaman: 
Penulis : Riana