logo


PREN Puji Kinerja Kepala BNPB yang Baru, Begini Katanya

Perkumpulan Relawan Nusantara (PREN) mengapresiasi gebrekan yang dilakukan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang baru, Letjen TNI Doni Monardo

26 Januari 2019 19:28 WIB

Letjen Doni Monardo
Letjen Doni Monardo ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Perkumpulan Relawan Nusantara (PREN) mengapresiasi gebrekan yang dilakukan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang baru, Letjen TNI Doni Monardo yang meminta kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar alat pendeteksi dini bencana atau 'early warning system' (EWS) dijadikan sebagai kawasan obyek vital nasional.

Ketua Harian Perkumpulan Relawan Nusantara, Fajar Kuntarto mengatakn ditetapkannya alat pendeteksi dini bencana sebagai obyek vital nasional sangat penting, lantaran perawatan diperlukan secara berkala.

“Namun, yang harus diperhatikan adalah fakta lapangan bahwa ada hal-hal yang juga diperhatikan dari EWS. Pertama adalah pengetahuan masyarakat sekitar terhadap EWS,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (26/1).


Kunjungi Lokasi Terdampak Puting Beliung, Adjeng Ratna: Mari Ulurkan Tangan

Observasi Prens di daerah bencana Selat Sunda ini menilai bahwa masyarakat lokal banyak yang tidak mengetahui tentang alat ini.

“Jangankan untuk mencuri, mengetahui saja tidak. Lagipula, ketika mengambil EWS, mereka pun bingung akan menjualnya ke mana,” kata Fajar.

“Jika ada pihak yang meminta untuk mencuri, maka mereka akan melakukannya. Sebab sudah ada yang menampung. Dugaan ini yang harus dibongkar. Kalau perlu bawa ke ranah hukum karena melanggar UU 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana. Selanjutnya, EWS yang kerap hilang selama ini lantaran tidak adanya pengawasan yang ketat dari pemerintah,” imbuhnya.

Jokowi Terima Laporan Potensi Indonesia Alami Gempa Bumi Besar "Megathrust"

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Raka Kisdiyatma