logo


Demam Berdarah Mengintai, Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat!

Gejalanya mirip seperti demam biasa, kamu jangan sampai salah membedakannya!

25 Januari 2019 10:43 WIB

Ilustrasi nyamuk Aedes Aegypti.
Ilustrasi nyamuk Aedes Aegypti. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Demam berdarah dengue atau DBD adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk. Demam berdarah DBD dulu disebut penyakit "break-bone" karena kadang menyebabkan nyeri sendi dan otot di mana tulang terasa retak.

Dilansir dari Web MD melalui Hello Sehat (1/9/2018), gejala demam berdarah dimulai sekitar empat sampai sepuluh hari setelah seseorang mendapat gigitan dari nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albocpictus. Berikut beberapa gejala demam berdarah:

Baca juga: 5 Makanan Ini Ternyata Ampuh Obati Asam Urat, Apa Saja?


Sering Dikira Gejala Maag, Padahal Itu Pertanda Kamu Terserang Penyakit Jantung

1. Demam tinggi mendadak

Pada gejala demam berdarah, demam terjadi secara mendadak dan banyak orang yang tidak tahu perbedaan demam biasa dengan demam yang disebabkan oleh DBD.

Demam yang terjadi akibat flu dan infeksi dari virus atau bakteri biasanya disertai dengan gejala bersin atau batuk sedangkan gejala demam pada DBD tidak demikian. Demam pada DBD bisa terjadi selama dua sampai tujuh hari.

2. Nyeri pada otot

Setelah gejala demam berdarah seperti demam terjadi, selanjunya akan merasakan nyeri pada bagian otot dan sendi. Gejala demam berdarah ini disertai dengan tubuh menggigil dan berkeringat.

5 Makanan Ini Ternyata Ampuh Obati Asam Urat, Apa Saja?

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu