logo


Nabire Punya Potensi Agrowisata Jeruk dan Salak

Jeruk yang dihasilkan kawasan tersebut memiliki tekstur kulit yang halus dan berwarna kuning kehijau-hijauan

17 Februari 2015 13:37 WIB

Istimewa
Istimewa

JITUNEWS.COM - Bila ditelusuri lebih jauh ternyata Papua menyimpan segudang kekayaan alam hayati yan patut dilestarikan. Salah satunya adalah kabupaten Nabire yang berpotensi sebagai area agrowisata. Mengapa ? Pasalnya Nabire dikenal sebagai salah satu penghasil jeruk dan salak yang dikenal dengan cita rasanya yang manis pas.

Untuk jeruk, potensi agrowisatanya berada di kawasan Bumiwonorejo. Kawasan yang berada di sisi selatan kota Nabire ini, awalnya merupakan daerah yang terpencil dan berada di tengah hutan yang bisa dilalui dengan jalan setapak. Namun, sejak perkembangan kawasan itu menjadi pusat perkebunan jeruk di Nabire, jalan setapak tersebut saat ini menjadi salah satu jalan utama di Nabire.

Bahkan, jalan tersebut juga menghubungkan kota Nabire dengan daerah-daerah di sebelah Selatan dan Barat Nabire, yang merupakan pusat-pusat penghasil beras, sayur-mayur, serta hasil perkebunan lainnya, seperti cokelat dan kayu. Untuk menuju tempat ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4, sekira 1 jam perjalanan dari pusat kota.


Wisata Strawberry Petik sendiri di Bali Outbound and Farmstay

Jeruk yang dihasilkan kawasan tersebut memiliki tekstur kulit yang halus dan berwarna kuning kehijau-hijauan. Selain itu, harum baunya tidak menusuk, namun lembut dan segar. Hebatnya, kesegaran dan kekhasan bau harum buah jeruk begitu terasa ketika kulitnya yang lembut dikupas. Ditambah lagi, daging buahnya tebal dan berair.

Rasanya pun patut diberi acungan jempol, karena memadukan perpaduan rasa manis, sedikit asam dan segar. Oleh karena itu, jeruk Nabire saat ini mulai merambah berbagai pasar di luar Nabire, mulai dari Jayapura, Sorong, Manokwari, hingga Manado dan Surabaya.

Sedangkan untuk potensi salak ala Nabire, banyak ditemukan di kawasan Sanoba.
Masyarakat di perkebunan salak Sanoba pun sudah menyiapkan paket-paket bungkusan salak dengan harga terjangkau. Tak hanya salak, lokasi ini juga menyajikan pemandangan kebun salak yang amat indah, sehingga membuat ketertarikan tersendiri. Sama halnya dengan jeruk, potensi salak Nabire akan terlihat bila musim panennya tiba. Salak Nabire akan membanjiri pasar-pasar terutama pasar-pasar di Papua, seperti Biak, Manokari dan Jayapura.

Hebat! Kebun Teh Lawang, Jadi Agrowisata Penyedia Teh Terbaik Berkelas Dunia

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah