logo


Gawat, Makan Ayam Goreng Tiap Hari Bisa Tingkatkan Resiko Kematian!

Kok bisa?

24 Januari 2019 21:46 WIB

Ayam goreng.
Ayam goreng. Pixabay

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wangi ayam goreng yang tercium gurih tentu akan menggoda. Selain nikmat disantap, ayam goreng juga telah menjadi menu makan andalan sebagian besar penduduk Bumi.

Namun, tampaknya Anda perlu mulai membatasi konsumsi ayam goreng. Sebuah penelitian anyar menyebutkan, satu porsi ayam atau ikan goreng setiap hari dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih tinggi.

Studi itu dilakukan terhadap wanita Amerika Serikat yang memasuki masa pasca-menopause. Wanita yang menikmati ayam goreng sekali atau lebih per hari berisiko kematian 13 persen lebih tinggi. Sementara wanita yang mengonsumsi ikan goreng atau kerang setiap hari berisiko 7 persen lebih tinggi terhadap kematian.


Resep Membuat Ayam Geprek yang Nikmat dan Gurih

Studi yang dipublikasikan dalam BMJ Journal ini menyoroti pembatasan konsumsi makanan yang diproses dengan penggorengan, khususnya ayam dan ikan.

"Kami tahu konsumsi makanan yang digoreng adalah sesuatu yang sangat umum di AS dan juga seluruh dunia. Kami ingin tahu efek jangka panjang dari konsumsi makanan yang digoreng," ujar penulis utama studi, Wei Bao, yang merupakan profesor epidemiologi di Iowa University, AS, yang dikutip dari laman CNN (24/01)

Bao dan peneliti lainnya mengamati kebiasaan makan dari hampir 107 ribu wanita berusia 50-79 tahun di 40 klinik AS pada 1993-1998. Rata-rata dari mereka dipantau selama 18 tahun.

Hati-hati, Nyeri Haid Bisa Menjadi Pertanda Awal Terkena 4 Penyakit Berbahaya Ini

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma