logo


Manfaat Jitu Teh Hitam Untuk Kesehatan

Selain kafein, teh hitam juga mengandung fluorida yang baik untuk kesehatan mulut dan tulang

17 Februari 2015 13:19 WIB

teh hitam
teh hitam

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Selama ini orang hanya mengenal manfaat dan kehebatan dari teh hijau saja. Padahal, selain teh hijau ada beragam jenis teh lain yang dapat memberikan segudang manfaat kesehatan. Dia adalah teh hitam. Sama seperti teh hijau, teh hitam dipetik dari tanaman teh yang disebut Camellia sinensis. Teh hitam umumnya lebih menggugah selera dan lebih banyak mengandung kafein ketimbang teh yang tak teroksidasi (teh hijau).

Meski begitu, kandungan kafein pada teh hitam sangatlah rendah dan baik untuk sirkulasi. Selain kafein, teh hitam juga mengandung fluorida yang baik untuk kesehatan mulut dan tulang.

Berbeda dari teh hijau, pada teh hitam tidak ada kandungan antioksidan, karena hilang saat proses pembuatan. Namun teh hitam punya khasiat membantu melawan bakteri dan juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Nah, berikut adalah beberapa khasiat dari teh hitam untuk kesehatan tubuh yaitu :


3 Obat Tradisional Ini Ampuh Usir Asam Urat dan Reumatik

Mencegah penyakit stroke

Mengkonsumsi teh hitam sangat baik untuk mencegah datangnya resiko terkena penyakit kanker. Salah satu penyebab stroke dan penyakit jantung adalah rusaknya fungsi dari pembuluh darah. Teh hitam, ternyata dapat membantu memulihkang fungsi abnormal dari pembuluh darah. Teh hitam juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner sebesar 50%, selain itu teh hitam mampu menyediakan 70% dari total kebutuhan flavanoids yaitu, fitonutrien dan antioksidan, yang berkhasiat dapat mengurangi bahaya dari kolesterol jahat.

Anti kanker

Teh hitam memiliki kandungan senyawa penting bernama TF-2 yang mampu menghambat pertumbuhan dari sel-sel kanker dalam tubuh. Jenis  kanker yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi teh hitam adalah seperti kanker payudara, kanker paru-paru, kanker mulut, kanker kulit, dan juga kanker tenggorokan.

Membantu menurunkan berat badan

Mengkonsumsi rutin teh hitam sangat berkhasiat untuk membantu membuang berat badan yang berlebihan, seperti membantu memerangi kolesterol jahat, meningkatkan metabolisme dan mencegah penggemukan karena asupan karbohidrat berlebih.

Menyapu penyakit

Teh hitam memiliki khasiat membantu dalam mencegah dan memerangi berbagai penyakit yaitu herpes, diare, pneumonia, sistitis, dan infeksi kulit. Teh hitam juga dapat dijadikan masker wajah yang khasiatnya mencegah penuaan dini dan menghilangkan pembengkakan pada mata. Adanya kandungan antioksidan bersama vitamin E dan vitamin C pada teh hitam membantu memanjakan kulit sehat dan awet muda.

 

 

 

'Sejuta' Manfaat Tersembunyi Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Halaman: 
Penulis : Riana