logo


Jika Tertusuk Paku, Segeralah Lakukan Hal Ini Sebelum Terlambat!

Paku berkarat berpotensi menimbulkan infeksi serius!

21 Januari 2019 15:12 WIB

Ilustrasi Tertusuk Paku
Ilustrasi Tertusuk Paku Wartaindonesia.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Apabila kamu tanpa sengaja menginjak atau tertusuk paku maka segeralah melakukan pertolongan pertama. Tertusuk paku apalagi paku berkarat bisa menimbulkan infeksi serius.

Ketidaktahuan atau terlalu menganggap remeh ternyata tanpa disadari bisa membuat infeksi bakteri dan kuman langsung menyebar ke jaringan tubuh. Paku berkarat berpotensi menimbulkan infeksi, baik yang bersifat lokal atau pun sistemik. Berikut penjelasan yang diambil dari alodokter.com (8/2/2018) :

Baca juga: Ternyata Ini Rahasia Orang Gila Gak Pernah Sakit, Rugi Jika Tak Ditiru!


Ternyata Ini Rahasia Orang Gila Gak Pernah Sakit, Rugi Jika Tak Ditiru!

Infeksi lokal - yaitu pada area tubuh yang tertusuk langsung oleh paku. Pada awal tertusuk paku, maka akan muncul reaksi peradangan akut, meliputi pembengkakan disertai kemerahan pada luka tusukan, juga terasa hangat dan nyeri di area tersebut. Bila tidak dibersihkan dengan baik, berisiko diikuti oleh infeksi sekunder yang bisa menyebabkan penumpukan nanah (abses).

Infeksi sistemik - yaitu karena keberadaan bakteri Clostridium tetani yang menyebabkan tetanus. Bakteri ini bisa ditemukan di luka yang kotor, misalnya luka yang disertai tanah atau lumpur, termasuk juga karat. Bila riwayat imunisasi tidak diketahui atau imunisasi terakhir berjarak lebih dari 5 tahun, dianjurkan mendapatkan vaksin dan imunoglobulin tetanus/ serum anti tetanus (ATS).

Lantas tindakan apa yang harus dilakukan setelah tertusuk paku? Simak ulasannya di halaman kedua.

Bahan Alami dan Mujarab untuk Menghilangkan Uban pada Rambut

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu