logo


Tips Sukses Jadi Seorang Pemimpin Ala Ignasius Jonan

Jonan mengatakan, untuk menjadi seorang pemimpin harus bisa memberikan contoh.

21 Januari 2019 09:26 WIB

Menteri ESDM, Ignasius Jonan
Menteri ESDM, Ignasius Jonan Dok. KESDM

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, menuturkan bahwa untuk menjadi pemimpin harus bekerja keras dan harus memberi contoh kepada anak buahnya.

Hal tersebut dipaparkan Jonan saat menjadi salah satu panelis pada acara Indonesia Millennial Summit di Grand Ballroom Kempinski Jakarta, Sabtu (19/1) lalu.

Jonan bercerita saat dirinya berumur 20 tahunan, ia bekerja dengan sungguh-sungguh dan sangat keras, dengan cara bekerja lebih lama dibandingkan dengan yang lain.


Rilis Becak Listrik, Jonan: Zaman Segini Masa Masih Ada yang Ngayuh Becak, Itu Tidak Manusiawi

Karena menurut Jonan, dirinya dan orang lain memiliki kompetensi yang sama, sehingga diperlukan usaha ekstra agar bisa lebih dari yang lain.

"Dalam pemikiran saya itu kalau orang lain bekerja misalnya 5 jam sehari dengan sungguh sungguh, maka saya sedikitnya harus kerja 6 atau 7 jam dengan sungguh-sungguh. Karena saya selalu berasumsi, orang lain memiliki kapasitas atau memiliki kemampuan yang sama dengan saya, jadi saya kerjanya harus sungguh-sungguh," papar Jonan,

Lebih lanjut, Jonan mengatakan, untuk menjadi seorang pemimpin harus bisa memberikan contoh.

"Saya belajar kalau memimpin itu ilmunya cuma 1, kalau yang lain tidak punya mungkin bisa ditambah, kalau satu ini tidak punya mungkin susah. Jadi memimpin itu adalah memberikan contoh," kata Jonan.

Kelola Blok Rokan, Pertamina Tunjuk Sosok Ini untuk Pimpin Anak Usaha Barunya

Halaman: 
Penulis : Riana