logo


Seba Nagri, Tradisi Persembahan Hasil Bumi Masyarakat Purwakarta kepada Pemimpin Daerah

Ritual syukur disimbolkan dengan pemberian hasil bumi pada pemimpin daerah

21 Januari 2019 09:30 WIB

Masyarakat dari Suku Sunda melakukan ritual sedekah bumi dikenal dengan nama Seba Nagri
Masyarakat dari Suku Sunda melakukan ritual sedekah bumi dikenal dengan nama Seba Nagri Instagram @dedimulyadi71

PURWAKARTA, JITUNEWS.COM - Setiap daerah di Indonesia memiliki cara khusus untuk menunjukkan rasa syukurnya kepada Tuhan atas karunia-Nya. Biasanya, ungkapan rasa syukur tersebut tertuang dalam bentuk ritual yang erat kaitannya dengan adat dan kebudayaan masyarakat setempat.

Di Pulau Jawa, misalnya, ritual tersebut lebih populer dengan sebutan Sedekah Bumi. Di Purwakarta, yang penduduknya didominasi masyarakat dari Suku Sunda, ritual sedekah bumi dikenal dengan nama Seba Nagri.

Ritual syukur yang disimbolkan dengan pemberian hasil bumi pada pemimpin daerah ini sudah dilakukan sejak ratusan tahun setiap menjelang Ramadan. Dari tahun ke tahun, peringatannya selalu dinanti masyarakat setempat yang ingin turut meraup berkah atas karunia Tuhan Yang Mahakuasa.


Ini Destinasi Wisata Zaman Now yang Wajib Kamu Kunjungi Selagi di Padang

Ritual Seba Nagri tak hanya diikuti masyarakat Purwakarta

Ritual yang masih cukup populer di kalangan masyarakat adat Sunda ini masih tetap lestari di Kabupaten Purwakarta. Setiap tahun, masyarakat Purwakarta memanen hasil bumi dari kebun dan sawahnya, dihias sedemikian rupa, lalu di antarkan ke rumah dinas bupati. Selain melambangkan rasa syukur terhadap Tuhan, tradisi ini juga dapat dianggap sebagai bentuk terima kasih masyarakat kepada pemimpinnya.

Meski dilaksanakan di Purwakarta, peserta ritual Seba Nagri ternyata banyak berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat. Umumnya, para peserta Saba Nagri diwakilkan oleh warga atau kepala desa dari masing-masing daerah. Setiap peserta membawa hasil bumi yang menjadi ciri khas daerahnya, seperti singkong, petai, salak, ubi, dan lainnya.

Hasil pertanian tersebut kemudian disusun dengan cantik dan dihias menggunakan dedaunan, bunga-bunga lalu diangkut dengan jampana atau pikulan kayu yang juga didekorasi agar tampak sedap dipandang. Para peserta pun tampil tak kalah menariknya dari hasil persembahannya. Mereka umumnya mengenakan pakaian adat serba hitam lengkap dengan ikat khas Sunda.

Hasil bumi diarak menuju kantor Bupati Purwakarta

Sebelum menyerahkan hasil bumi kepada pemimpin daerah, para peserta Seba Nagri biasanya berkumpul di satu titik untuk mengarak pikulan menuju kantor Bupati Purwakarta. Sembari mengarak hasil bumi, para peserta biasanya melantunkan kidung Sunda atau sekadar diiringi musik tradisional dari gamelan Sunda. Ritual ini pun diiringi dengan prosesi pemanjatan doa kepada Sang Maha Pencipta yang berisi ucapan syukur serta doa agar acara berjalan lancar.

Ritual Seba Nagri juga menjadi ajang silaturahim untuk masyarakat

Tradisi masyarakat Sunda yang sudah turun-temurun ini pun dapat menjadi ajang silaturahmi bagi masyarakat setempat. Masyarakat juga dapat saling unjuk kebolehan atas hasil bumi andalan daerahnya. Biasanya, hasil bumi yang disetorkan di kantor bupati akan dibagikan kembali kepada warga sekitar sebagai bentuk kasih kepada mereka yang membutuhkan.

Indonesia kaya akan beragam tradisi dan adat istiadat yang sarat akan nilai sosial. Tentu sayang bukan melewatkan pesona kebudayaan tanah air yang autentik? Karenanya, rasakan sendiri khidmatnya berbagai ritual kebudayaan masyarakat daerah dengan mengunjungi destinasi wisata budayanya.

Anda dapat datang langsung ke Purwakarta saat menjelang Ramadan atau bulan Syawal untuk menyaksikan langsung berbagai prosesi adat yang dapat memperkaya wawasan seputar warisan budaya Indonesia. Cari tahu tanggal penting digelarnya festival kebudayaan daerah agar dapat merancang perjalanan menuju kota tujuan.

Selain itu penting juga untuk mempersiapkan akomodasi terbaik saat liburan. Percayakan Airy sebagai solusi hotel di Purwakarta yang menawarkan jaminan fasilitas terbaik dengan harga terjangkau. Proses pemesanan kamar hotel dan pembayarannya yang praktis dapat mempermudah perencanaan perjalanan Anda.

Bagi yang bermalam di Bandung, Airy juga menghadirkan penginapan murah di Bandung yang tak kalah nyamannya dari resor dan hotel lainnya di Kota Kembang. Karenanya, jangan ragu mempercayakan kebutuhan penginapan Anda pada Airy Rooms.

Buat Liburan Keluarga Berkesan di Rumah Alam Manado Adventure Park

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata