logo


Ternyata Biji Bunga Matahari Menyimpan Begitu Banyak Manfaat!

Kamu bisa mendapatkan segudang manfaat kesehatan hanya dengan mengonsumsi biji bunga matahari.

18 Januari 2019 15:45 WIB

Biji Bunga Matahari
Biji Bunga Matahari MalangTODAY

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Biji bunga matahari kaya akan nutrisi. Kandungan lemak sehat pada biji bunga matahari juga sangat tinggi. Satu porsi memberikan 14 gram lemak dengan campuran lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda.

"Lemak mono dan polyunsaturated pada biji bunga matahari menunjukkan manfaat kesehatan yang jelas, terutama yang berkaitan dengan kesehatan jantung dan risiko penyakit kardiovaskular," kata ahli diet Alissa Rumsey, seperti dilansir laman MSN, Selasa (8/1).


Cukup Makan Makanan Ini, Lemak di Perut Jadi Luntur!

Satu porsi benih juga mengandung sekitar 6 gram protein dan 2,5 gram serat. Lemak, serat dan protein memainkan peran penting dalam perasaan kenyang.

Biji bunga matahari juga mengandung vitamin dan mineral, termasuk vitamin E yang memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat dan bisa mengurangi risiko penyakit jantung, folat yang penting untuk sintesis DNA, fosfor (kunci untuk kesehatan tulang), selenium antioksidan yang melindungi terhadap kerusakan sel, mangan yang membantu produksi tulang), tembaga dan seng yang penting untuk metabolisme dan fungsi kekebalan tubuh, dikutip dari JPNN.

Biji bunga matahari terutama kaya magnesium, mineral yang terlibat dalam lebih dari 300 fungsi tubuh yang berbeda. "Magnesium bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan kontrol gula darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular," kata ahli diet terdaftar Brian St Pierre.

Ini juga merupakan komponen penting dari tulang dan membantu mengatur fungsi dan kontraksi saraf dan otot. Beberapa biji memiliki keunggulan dibandingkan bunga matahari ketika datang ke nutrisi tertentu.

Biji chia dikemas dengan asam lemak omega-3 nabati (dengan 5 gram untuk porsi satu ons) dan serat (10 gram per porsi). Biji rami juga lebih tinggi dalam asam lemak omega-3 daripada biji bunga matahari. "Namun, biji bunga matahari lebih kaya vitamin dan mineral," kata St. Pierre.

Namun, secara umum, semua benih menyediakan campuran lemak sehat, serat, vitamin, mineral dan fitonutrien yang baik, itulah sebabnya mengapa penting untuk memasukkan berbagai benih ke dalam diet kamu.

Usai Makan Kok Sakit Kepala? Ini Penyebabnya

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu