logo


Keren! 13 Negara Belajar Minapadi di Indonesia

Indonesia telah ditetapkan oleh FAO (Badan Pangan Dunia) sebagai rujukan model pengembangan minapadi level Asia-Pasifik

15 Januari 2019 18:10 WIB

Sistem budidaya mina padi.
Sistem budidaya mina padi. Istimewa

Di hadapan para delegasi yang hadir, Slamet juga memaparkan bahwa Indonesia telah mampu mendongkrak rata-rata pendapatan masyarakat pembudidaya ikan secara nasional, yakni dari tahun 2017 sebesar Rp 3,29 juta per bulan menjadi Rp 3,38 juta per bulan di tahun 2018.

Dimana menurutnya, peningkatan pendapatan tersebut juga didongkrak oleh kegiatan usaha minapadi di berbagai daerah, serta kegiatan prioritas lainnya seperti program pakan mandiri, pengembangan budidaya ikan system bioflok, pengembangan induk dan benih unggul dan berkualitas, pengembagan teknologi recirculation aeration system serta kegiatan lainnya.

"Pada kesempatan ini saya juga berharap kepada delegasi yang hadir, nantinya setelah melihat secara langsung pelaksanaan minapadi di Indonesia, bisa secara langsung menyebarluaskan minapadi ke dunia internasional," pungkas Slamet.


Tahun Ini, Pabrik Pakan Milik KKP Siap Beroperasi

Delegasi akan melihat langsung percontohan minapadi yang ada di Kabupaten Sukoharjo serta berdiskusi dengan petani yang langsung merasakan manfaat minapadi.

Stephen Rudgrad, Perwakilan FAO Indonesia, menyampaikan, penghargaan kepada Pemerintah Indonesia atas pelaksanaan minapadi selama ini dan berharap agar minapadi ini menjadi salah satu strategi yang terus dikembangkan untuk meningkatkan ketahanan pangan dunia.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) hingga tahun 2018 telah mengembangkan percontohan minapadi seluas 580 ha yang tersebar di 26 Kabupaten di Indonesia. Tahun 2019, KKP akan menargetkan penambahan luas lahan minapadi seluas 400 ha. Disamping itu, KKP juga menggandeng Kementerian Pertanian untuk menjadikan minapadi sebagai program prioritas.

Siap Beroperasi, Ini Manfaat Embung Pangandaran yang Dibangun KKP

Halaman: 
Penulis : Riana
 
×
×