logo


PEP Sangasanga Field Pasok Gas ke PLTGU Tanjung Batu

Gas disalurkan menggunakan pipa 8 inci sepanjang kurang lebih 33 km dan pipa 6 inci sepanjang kurang lebih 6,8 km

15 Januari 2019 12:56 WIB

Pertamina EP Asset 5 Sangasanga Field memasok gas dari sumur North Kutai Lama (NKL)- 1028 ke Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Tanjung Batu di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur yang dikelola oleh PLN Sektor Mahakam.
Pertamina EP Asset 5 Sangasanga Field memasok gas dari sumur North Kutai Lama (NKL)- 1028 ke Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Tanjung Batu di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur yang dikelola oleh PLN Sektor Mahakam. ist

SAMARINDA, JITUNEWS.COM - Pertamina EP Asset 5 Sangasanga Field, unit bisnis PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina (Persero) sekaligus kontraktor kontrak krja sama (KKKS) di bawah pengawasan SKK Migas, memasok gas dari sumur North Kutai Lama (NKL)- 1028 ke Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Tanjung Batu di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur yang dikelola oleh PLN Sektor Mahakam.

Gas disalurkan menggunakan pipa 8 inci sepanjang kurang lebih 33 km dan pipa 6 inci sepanjang kurang lebih 6,8 km

Tata M Tafip, NKL Vice President Oil and Gas Monetizatin (OGM) Pertamina EP, mengatakan, gas yang disalurkan sesuai dengan kesepakatan antara PEP Asset 5 dan PLN sebesar 5 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD). Jumlah penyerahan gas minimum harian adalah 70% atau 3,5 MMSCFD.


Tahun Ini, Tiga PLTP Berkapasitas Total 100 MW Ditargetkan Beroperasi

“Perjanjian jual beli gas PEP Asset 5-PLN berlangsung untuk jangka waktu lima tahun, sejak Desember 2018 hingga 31 Desember 2023 dan dapat diperpanjang,” kata Tata dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/1).

Tata melanjutkan, persiapan penyaluran gas NKL hingga akhirnya diresmikan. Hal ini bermula dari kebutuhan PLN menambah pasokan gas untuk PLTGU Tanjung Batu, serta kebutuhan PEP Asset 5 untuk menyalurkan gas dari sumur produksi tersebut

“Kemudian PEP Asset 5 menawarkan untuk memasok gas yang dihasilkan dari sumur NKL-1028 yang dikelola Pertamina EP Sangasanga. Setelah pembicaraan lebih lanjut, akhirnya disepakati kerja sama penyaluran gas dari PEP Asset 5 dengan PLN. Ini merupakan salah satu bentuk Sinergi BUMN yang dicanangkan pemerintah,” lanjut Tata.

Soal Harga Avtur, Jonan: Saya Minta Pak Wamen untuk Mengecek, Karena Sudah Mulai Ribut

Halaman: 
Penulis : Riana