logo


Inilah Alasan Kenapa Anjing Suka Menjulurkan Lidahnya

Jika kamu amati, anjing sering kali menjulurkan lidahnya. Kira-kira untuk apa ya?

14 Januari 2019 09:51 WIB

Ilustrasi, rabies.
Ilustrasi, rabies. Shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jika kamu sering mengamati hewan anjing, maka kamu akan mendapatinya sering menjulurkan lidah. Sebenarnya apa yang menjadi alasan seekor anjing menjulurkan lidahnya?

Anjing merupakan salah satu hewan berdarah panas. Mereka bisa menjaga suhu tubuhnya tetap konstan meskipun suhu lingkungan berubah-ubah. Perlu kamu ketahui, anjing berkeringat lewat telapak kaki, dikarenakan kulitnya yang tertutup bulu.

Baca juga: Supaya Tak Dipecat, Segera Lakukan Hal Ini Setelah Ditegur oleh Atasan!


Wakil Presiden Pasca Megawati Selalu Seperti Ini! Kebetulan, atau?

Menurut laman bobo.grid.id, ketika suhu lingkungan tinggi atau tubuh anjing kepanasan akibat berlarian, anjing harus menurunkan suhu tubuhnya secepat mungkin. Berkeringat dari telapak kaki tentu saja tidak cukup untuk menurunkan suhu tubuh.

Cara lain yang mereka gunakan adalah dengan menjulurkan lidah dan membiarkan cairan menguap dari lidah mereka. Dengan cara itu, suhu tubuh anjing dapat tetap terjaga.

Jadi anjing menjulurkan lidahnya untuk menjaga suhu tubuhnya tetap konstan, baik ketika terpapar udara yang panas atau sehabis lelah berlarian. Namun, dalam kondisi yang teralalu panas, anjing mungkin saja pingsan karena suhu tubuhnya tidak dapat dikontrol dengan cara menjulurkan lidah atau berkeringat dari telapak kaki.

Jadi itulah alasan kenapa anjing menjulurkan lidahnya. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat bagi Kawan Jitu yang sudah membacanya.

Mengejutkan! Semua Menko Polhukam Ternyata...

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu