logo


Gak Sembarangan, Ini Fungsi Jeruk Nipis di Hidangan Soto

Jeruk nipis selalu jadi pelengkap di hidangan soto, apa alasannya?

12 Januari 2019 21:13 WIB

ilustrasi soto (liputan6.com)
ilustrasi soto (liputan6.com)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pelengkap makanan memang beraneka ragam. Paling sering ketika makan soto adalah jeruk nipis yang selalu tersaji di sebelahnya. Pemakaian jeruk nipis ke dalam soto ini opsional dan tergantung pada selera yang menikmati.

Tahukah kamu, ternyata jeruk nipis memiliki fungsi tersendiri dalam hidangan soto. Menurut situs Liputan6, Sabtu (12/1), jeruk nipis berfungsi sebagai pemberi rasa segar dan menghilangkan bau serta amis daging ayam atau sapi.


Bikin Ngiler, Resep Kikil Petai Cabai Hijau

Tidak hanya itu, jeruk nipis juga dapat menetralkan lemak pada daging soto. Hal tersebut dipercaya dapat mengimbangi kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, kuah soto yang sudah sering dihangatkan bakal meninggalkan rasa yang asin.

Kemudian, perasan jeruk nipis pada hidangan soto juga berfungsi menetralkan rasa asin makanan dan jadi santapan yang lebih nikmat. Maka dari itu, soto terasa lebih enak jika diberi perasan jeruk nipis.

Namun terkait selera yang tidak dapat dipaksa, tak semua orang pula menyukai rasa asam jeruk nipis pada soto. Jika memang demikian pun tidak menjadi masalah tidak menambahkan perasan jeruk nipis.

Bagaimana dengan Kawan Jitu, lebih menyukai soto dengan perasan jeruk nipis atau sebaliknya?

4 Persamaan McD dan KFC! Ternyata...

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu