logo


Gawat, Perut Buncit Ternyata Tanda Banyak Penyakit dalam Tubuh Anda, Salah Satunya Kanker Stadium Akhir!

Apakah perut Anda buncit? Jika iya, pasti Anda merasa perut buncit Anda mengganggu penampilan dan menyebabkan rasa kurang percaya diri.

12 Januari 2019 12:27 WIB

Ilustrasi perut buncit
Ilustrasi perut buncit Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Apakah perut Anda buncit? Jika iya, pasti Anda merasa perut buncit Anda mengganggu penampilan dan menyebabkan rasa kurang percaya diri.

Namun, sebelum Anda memikirkan mengenai penampilan, Anda harus waspada karena perut buncit juga dapat disebabkan oleh penyakit. Apa saja penyakit penyebab perut buncit? Berikut ulasannya.

Perut buncit disebut juga obesitas perut atau obesitas sentral. Penyebab perut buncit selain disebabkan oleh penumpukan lemak pada bagian perut juga dapat disebabkan oleh penyakit yang membahayakan kesehatan Anda.


Waspada, Ini Gejala Kanker Usus Besar yang Kamu Rasakan Saat Buang Air Besar

Sebagai langkah awal, untuk mengetahui apakah perut buncit Anda berbahaya atau tidak, ukurlah lingkar pinggang Anda untuk mengetahui apakah Anda memiliki obesitas perut. Anda dapat menggunakan meteran yang dilingkarkan di perut Anda. Posisi meteran adalah sejajar ujung tulang panggul dan pusar.

Seorang laki-laki dinyatakan menderita obesitas perut apabila lingkar pinggang melebihi 90 cm. Sedangkan pada perempuan, di atas 80 cm.

Terlepas dari apakah perut buncit Anda karena penumpukan lemak atau gaya hidup Anda yang tidak sehat, ada berbagai macam penyakit yang bisa membuat seseorang mengalami perut buncit. Penyakit itu bisa ringan bahkan juga bisa berat.

Berikut ini adalah hal penyakit penyebab perut buncit, yang dikutip dari Hallo Sehat (12/01)

1. Busung lapar

Salah satu penyakit yang menjadi penyebab perut buncit adalah busung lapar atau kwashiorkor. Penyakit ini sangat mudah Anda kenali, timbul dikarenakan tubuh kekurangan protein. Salah satu ciri orang yang terkena busung lapar adalah tubuhnya akan terlihat sangat kurus namun perutnya terlihat buncit.

Perut yang buncit menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan organ pencernaan tersebut. Busung lapar banyak menimpa bayi dan juga anak-anak, penyakit ini banyak dialami oleh anak-anak dan bayi yang ada di pedalaman Afrika. Namun, masih banyak kasus busung lapar yang ditemukan di Indonesia.

Manusia Bisa Hidup dengan Satu Ginjal, Lalu Kenapa Kita Memiliki Dua?

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma