logo


Manusia Bisa Hidup dengan Satu Ginjal, Lalu Kenapa Kita Memiliki Dua?

Manusia tetap bisa hidup sehat hannya dengan satu ginjal. Lantas, jika kita bisa hidup dengan satu ginjal, mengapa didalam tubuh kita terdapat dua ginjal ?

11 Januari 2019 19:59 WIB

Ilustrasi Ginjal
Ilustrasi Ginjal Hello Sehat

Ginjal juga melakukan proses penyaringan cairan tubuh, termasuk darah sehingga mampu mengendalikan jumlahnya, komposisinya, tingkat keasamannya, dan kondisi tekanan osmotiknya. Dari proses penyaringan ini, ginjal akan membuang kelebihan air, beberapa jenis elektrolit, nitrogen dan berbagai limbah melalui urine saat buang air kecil.

Pakar kesehatan dr. Deepak Mital dari Advocate Christ Medical Center, Oak Lawn, Amerika Serikat menyebut manusia sebenarnya tidak benar-benar membutuhkan dua ginjal sekaligus di dalam tubuhnya.

Baca juga: Cukup Konsumsi Buah Ini, Asam Urat Akan Normal Kembali!


Cara Ini Terbukti Ampuh Atasi Sembelit Tanpa Obat

Bahkan, menurut dr. Deepak seperti yang dikutip dari doktersehat.com. keberadaan dua ginjal ini sebenarnya hanyalah cara tubuh untuk menyediakan 'cadangan' jika salah satu ginjal mengalami kerusakan akibat penyakit, kecelakaan, atau cedera.

Meskipun jika hanya memiliki satu ginjal saja dapat menopang kinerja organ didalam tubuh tentu kita tidak bisa menyepelekan dengan beranggapan memiliki satu ginjal saja cukup, sebab kita tidak tahu kapan datangnya penyakit yang akan menyerang ginjal kita.

Waspada, Ini Gejala Kanker Usus Besar yang Kamu Rasakan Saat Buang Air Besar

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu