logo


Manusia Bisa Hidup dengan Satu Ginjal, Lalu Kenapa Kita Memiliki Dua?

Manusia tetap bisa hidup sehat hannya dengan satu ginjal. Lantas, jika kita bisa hidup dengan satu ginjal, mengapa didalam tubuh kita terdapat dua ginjal ?

11 Januari 2019 19:59 WIB

Ilustrasi Ginjal
Ilustrasi Ginjal Hello Sehat

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ginjal merupakan organ manusia yang berfungsi untuk menyaring darah. Dengan begitu, darah yang diedarkan ke seluruh tubuh adalah darah yang bersih. Umumnya manusia normal memilki dua buah ginjal di tubuhnya.

Namun, ada beberapa orang yang hanya memiliki satu ginjal karena alasan tertentu. Bisa karena seseorang memiliki gangguan pada ginjalnya sehingga salah satu ginjalnya harus diangkat. Bisa juga karena bawaan dari lahir atau didonorkan.

Baca juga: Cukup Konsumsi Buah Ini, Asam Urat Akan Normal Kembali!


Cara Ini Terbukti Ampuh Atasi Sembelit Tanpa Obat

Manusia tetap bisa hidup sehat hannya dengan satu ginjal. Lantas, jika kita bisa hidup dengan satu ginjal, mengapa didalam tubuh kita terdapat dua ginjal ?

Sebelum kita membahas mengenai alasan mengapa didalam tubuh kita ada dua ginjal, sebaiknya kita kenali dulu manfaat ginjal itu sendiri didalam tubuh kita.

Profesor AW Andrews dari Lake Erie College of Osteopathic menjelaskan fungsi dari ginjal adalah mengendalikan cairan tubuh, mengendalikan tekanan darah, memproduksi glukosa atau gula darah, mengaktifkan vitamin D, serta memproduksi sel darah merah.

Waspada, Ini Gejala Kanker Usus Besar yang Kamu Rasakan Saat Buang Air Besar

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu