logo


Mana yang Lebih Sehat, Makanan Digoreng atau Dibakar? Ini Jawabannya

Banyak perdebatan tentang manakah metode memasak yang lebih baik? Goreng atau bakar? Perhatian utamanya tentu pada kesehatan makanan yang dihasilkan.

11 Januari 2019 13:58 WIB

Thinkstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Banyak perdebatan tentang manakah metode memasak yang lebih baik? Goreng atau bakar? Perhatian utamanya tentu pada kesehatan makanan yang dihasilkan. Metode memasak tentu saja berdampak langsung kepada kualitas makanan dan kesehatan Anda.

Bakar atau panggang dan goreng adalah dua jenis metode memasak yang paling populer sejak dulu. Contoh makanan yang dibakar adalah sate ayam atau ikan bakar yang metode memasaknya hanya menggunakan panas dari arang atau sumber api saja.

Sementara contoh makanan digoreng adalah french fries, telur mata sapi, dan lain-lain yang intinya menempatkan makanan diatas minyak dan wajan kemudian dipanaskan dengan suhu tinggi. Proses penggorengan membuat aroma dari dalam makanan keluar dan membuat makanan menjadi renyah.


Jangan Remehkan! Ini Manfaat Menakjubkan Petai, Bisa Bikin Awet Muda Lho

Akan tetapi, kualitas dan gizi makanan jauh lebih rendah jika digoreng dibanding di bakar. Beberapa orang kemudian memilih untuk membakar makanannya ketimbang menggorengnya, oleh sebab itu ayam panggang, sate ayam, dan ikan bakar lebih populer saat ini.

Saat sebuah makanan digoreng, makanan tersebut akan menyerap banyak lemak dari minyak. Contohnya adalah ketika Anda menggoreng tempe atau ayam, pasti Anda mengiris permukaan makanan tersebut dengan pisau agar minyak bisa masuk ke dalam dan makanan akan matang merata.

Gampang! Cukup Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Mengatasi Insomnia

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma