logo


Banyak yang Salah, Minuman Ini Justru Berbahaya Bagi Wanita Menstruasi

Masih banyak wanita yang salah sangka terhadap khasiat minuman ini.

9 Januari 2019 20:39 WIB

Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Masih banyak wanita yang salah sangka. Mengira bahwa konsumsi minuman bersoda sangat bagus untuk memperlancar haid sehingga cepat selesai.

Namun berdasarkan penjelasan dari dr. Sepriani Timurtini Limbong dari situs klikdokter.com (28/08/17), ternyata minuman bersoda berbahaya ketika dikonsumsi saat haid. Hal ini karena kandungan didalamnya.


Suka Pakai Headset? Hati-hati Bahaya Ini Mengintaimu

Minuman bersoda umumnya terdiri dari air berkarbonasi, kafein dan gula. Kadar gula pada minuman soda termasuk tinggi (bisa mencapai 10 gram per 100 mL). Padahal gula bersifat inflamatori atau menyebabkan peradangan sehingga bisa memperparah kram perut.

Selain membuat perut tidak nyaman, gula juga menyebabkan daya tahan tubuh tidak stabil. Akibatnya, kamu jadi gampang capek dan kurang berenergi atau lemas.

Selain gula, kandungan kafein pada minuman bersoda juga bisa memperburuk kram perut. Penyebabnya, kafein bersifat vasokonstriktor, yakni mempersempit pembuluh darah. Termasuk pembuluh darah di daerah rahim (uterus).

Selain mengganggu aliran darah, konsumsi kafein juga menyebabkan nyeri payudara ketika haid. Tak hanya itu. Kafein membuatmu gampang cemas serta depresi.

Padahal saat menstruasi memang biasanya wanita emosian karena pengaruh hormon. Apalagi ketika ditambah pengaruh kafein.

Karena dampak buruk yang bisa ditimbulkan oleh minuman bersoda yang dikonsumsi saat haid, sebaiknya kamu hindari sebisa mungkin. Ganti dengan minum air putih yang cukup serta konsumsi buah dan makanan sehat lainnya.

Tak Selalu Baik Buat Tubuh, Ini Bahaya yang Ditmbulkan Minum Air Kelapa

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu