logo


16 Sumur Bor Hadir, 40 Ribu Jiwa di Banyumas Kini Tak Sulit Air Bersih Lagi

Di Kabupaten Banyumas sendiri telah berhasil dibangun 16 unit sumur bor, tersebar di 10 Kecamatan dan 16 Desa

9 Januari 2019 20:25 WIB

Ilustrasi air bersih.
Ilustrasi air bersih. Istimewa

BANYUMAS, JITUNEWS.COM - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali meresmikan sumur bor untuk dua daerah sulit air di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kedua wilayah sulit air tersebut, yaitu Desa Batuanten, Kec. Cilongok dan Desa Menganti, Kec. Rawalo.

"Air merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, baik untuk konsumsi dan kebutuhan hidup lainnya. Namun, disini masih mengalami kesulitan air bersih, baik karena kondisi alam, maupun karena terbatasnya kemampuan pendanaan masyarakat untuk memperoleh air," jelas Kepala Badan Litbang Kementerian ESDM, Sutijastoto, di lokasi Sumur Bor Desa Batuanten, Kabupaten Banyumas, Rabu (9/1).

Ia mengungkapkan, salah satu tugas dan fungsi Badan Geologi Kementerian ESDM di bidang air tanah adalah melaksanakan pelayanan kepada masyarakat, yaitu penyediaan sarana air bersih melalui pengeboran air tanah dalam di daerah sulit air di seluruh wilayah Indonesia.


Sampah di Tangsel 'Sangat Genting', Airin Kebut Pembangunan PLTSa

"Sampai dengan triwulan IV tahun 2018, Badan Geologi, Kementerian ESDM telah berhasil membangun sebanyak 2.290 unit sumur bor yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dengan kapasitas debit air bersih mencapai sekitar 144,4 juta m3/tahun, yang dapat melayani kurang lebih 6,6 juta jiwa" ujar Sutijastoto.

Sumur bor tersebut, lanjut Sutijastoto, tersebar di 33 Provinsi. Untuk Kabupaten Banyumas sendiri telah berhasil dibangun 16 unit sumur bor, tersebar di 10 Kecamatan dan 16 Desa, dengan kapasitas produksi air bersih mencapai 883 m3 per tahun dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi 40 ribu jiwa penduduk.

Catat! Ini Sederet Capaian Kinerja Minerba 2018

Halaman: 
Penulis : Riana