logo


Catat! Ini Sederet Capaian Kinerja Minerba 2018

Dari bidang hukum, sambung Bambang, subsektor mineral dan batubara telah melakukan upaya untuk menyederhanakan regulasi

9 Januari 2019 13:53 WIB

Dirjen Minerba Kementerian ESDM, Bambang Gatot Ariyono
Dirjen Minerba Kementerian ESDM, Bambang Gatot Ariyono Jitunews/Khairul Anwar

Hilirisasi Mineral dan Pemanfaatan Batubara untuk Keperluan Domestik

Peningkatan nilai tambah mineral dapat dilakukan dengan membangun fasilitas pengolahan pemurnian mineral atau smelter. Pembangunan smelter dilakukan dalam rangka hilirisasi untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Pada tahun 2018, bertambah 2 buah smelter yang dibangun oleh PT Virtue Dragon Nickel Industry dan PT Bintang Smelter Indonesia. Oleh karena itu, total smelter yang telah beroperasi di Indonesia sudah mencapai 27 smelter.


BPH Migas Sebut Kuota Premium 2019 Tak Ditambah, Alasannya…

Sementara itu, produksi batubara berada pada angka 528 juta ton. Produksi batubara diutamakan untuk menjamin pemenuhan kebutuhan sumber energi primer dalam negeri. Selain itu, juga digunakan sebagai bahan baku di dalam negeri serta untuk pembangunan PLTU Mulut Tambang.

Pemanfaatan batubara domestik mencapai 115 juta ton atau 21,78% dari produksi batubara nasional. Hal tersebut melebihi dari target yang sebelumnya dicanangkan, yakni sebesar 21% dari produksi batubara nasional yang digunakan untuk keperluan domestik. Pencapaian 115 juta ton, sekaligus melebih pencapaian pada tahun sebelumnya, yang hanya 97 juta ton pada tahun 2017.

Sampah di Tangsel 'Sangat Genting', Airin Kebut Pembangunan PLTSa

Halaman: 
Penulis : Riana