logo


Sampah di Tangsel 'Sangat Genting', Airin Kebut Pembangunan PLTSa

Airin telah mengevaluasi rencana pembangunan PLTSa tersebut dengan Kemenko Kemaritiman dan Pemerintah Korea

9 Januari 2019 13:35 WIB

Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.
Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany. Jitunews/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, mengatakan, pihaknya berkomitmen mempercepat pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

Pasalnya, kata Airin, persoalan sampah di wilayahnya sudah sangat genting dan harus segera ditangani. Tercatat, sekitar 900 ton hingga 1.000 ton sampah yang dibuang setiap hari.

Ia pun mengklaim, pihaknya telah mengevaluasi rencana pembangunan PLTSa tersebut dengan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Pemerintah Korea untuk mempercepat pembangunan unit PLTSa dari target awal di bulan April 2019.


BPH Migas Sebut Kuota Premium 2019 Tak Ditambah, Alasannya…

"Dengan 900 sampai 1.000 ton itu sudah sangat laik untuk dibangun PLTSa. Korea sendiri berjanji dokumen Feasibility Study dan Detail Engineering Design akan selesai di akhir Februari-awal Maret," kata Airin, usai rapat koordinasi 'Waste Energy', di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (8/1) kemarin.

Dilanjutkan Airin, PLTSa tersebut akan dibangun di TPA Cipeucang yang terletak di Jalan Kapling Nambo, Serpong. Luas lahannya sekira 13,6 hektare, dengan volume sampah yang masuk mencapai sekira 250 ton per hari.

"Dengan jumlah penduduk dan produksi sampah yang banyak per harinya, sudah layak dibangun PLTSa di TPA Cipeucang," terangnya.

Mulai Hari Ini, Pertagas Niaga Sulpai CNG untuk Trans Semarang

Halaman: 
Penulis : Riana