logo


Penggemar PewDiePie Kembali Beraksi dengan Meretas Google Chromecast

Peretas mengklaim telah memperoleh akses lebih dari 70.000 perangkat Google Chromecast

9 Januari 2019 15:00 WIB

Felx Kjellberg alias PewDiePie.
Felx Kjellberg alias PewDiePie. leafyishere.wikia.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Nampaknya tahta 'raja youtube' tidak akan mudah digulingkan dari PewDiePie. Setelah terancam oleh chanel youtube T-Series, kali ini penggemar PewDiePie kembali beraksi 'menyelamatkan'.

Sebelumnya penggemar PewDiePie dikabarkan meretas printer dan Wall Street Journal, kini penggemar Youtuber itu dilaporkan meretas Google Chromecast di seluruh dunia. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesadaran akan keamanan siber, dan tentunya 'mempromosikan' PewDiePie.

Baca juga: Bos Huawei Marah Besar Kepada Karyawannya Karena Melakukan Hal Ini saat Tahun Baru


Aman dari Paparan Radiasi Smartphone dengan Cara Ini

Menurut situs Tek.id, Selasa (8/1), peretas tersebut mengklaim telah memperoleh akses lebih dari 70.000 perangkat Google Chromecast. Mereka mengambil keuntungan dari pengaturan router internet yang membuat perangkat terhubung, dalam hal ini Chromecast dapat dikontrol di internet.

Peretas yang menyebut namanya sebagai HackerGiraffe dan j3ws3r ini menampilkan pesan di smart TV yang berhasil diretas. Pesan tersebut memberitahu bahwa perangkat TV tersebut sudah diambil alih. Mereka memperingatkan penggunanya bahwa informasi WiFi-nya dalam bahaya dan menyiarkan video di televisi.

Untungnya Google dengan cepat mengkonfirmasi hal tersebut dan menawarkan panduan untuk mengatasi serangan siber yang datang.

“Masalah ini bukan terletak pada Chromecast secara khusus, tetapi lebih merupakan hasil dari pengaturan router yang terhubung dengan perangkat media, termasuk Chromecast, yang dapat dijangkau publik di internet,” ujar juru bicara Google.

Google mengatakan bahwa pengguna dapat mematikan fitur Universal Plug and Play (UPnP) untuk mengatasi video yang diputar tanpa izin pengguna. Pengaturan tersebut dapat dilakukan melalui situs pengaturan router.

Kemkominfo: Lebih dari 4.000 Pelanggan Bolt Sudah Lakukan Refund

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu