logo


Lifting Blok Mahakam Jeblok, Arcandra: Masih lebih Tinggi dari….

Adapun, lifting Blok Mahaman yang dioperatori PHE Mahakam mencapai 832 mmscfd

8 Januari 2019 10:17 WIB

Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Archandra Tahar, mengatakan, meski realisasi lifting gas Blok Mahakam turun, namun capaian Pertamina di Blok Mahakam masih lebih baik dari proyeksi Total EP Indonesie jika masih menjadi operator di blok tersebut.

Adapun, lifting Blok Mahaman yang dioperatori PHE Mahakam mencapai 832 mmscfd. Atau 75% dari target APBN 2018 sebesar 1.110 mmscfd.

"Sekarang coba lihat data kalau dipegang total berapa dropnya? Masih lebih tinggi dari prediksi penurunan yang diajukan Total," kata Archandra, di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (7/1).


Kebijakan Pembatasan Impor oleh Tiongkok Picu Penurunan HBA Bulan Ini

Meski mengaku tidak ingat data penurunan yang diajukan Total, namun kata Arcandra, produksi Pertamina jauh lebih tinggi dibandingkan Total.

"Enggak inget saya (datanya) lebih tinggi produksi Pertamina dibanding dengan prediksi total," bebernya.

Ke depan, Arcandra pun optimistis Pertamina akan melakukan segala upaya untuk menahan laju penurunan produksi Blok Mahakam.

"Segala upaya sedang dilakukan dengan direktur hulu yang baru," tuntasnya.

Sebelumnya, Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, mengungkapkan, penurunan produksi gas Blok Mahakam lantaran masih dalam masa transisi. Apalagi pada tahun-tahun sebelumnya, investasi di Blok Mahakam tidak berjalan.

"Kan tahun-tahun sebelumnya investasinya tidak jalan. Kan transisinya itu, di masa transisi kan," kata Dwi, Senin (7/1).

Kaleidoskop KESDM 2018 (4): 51% Saham Freeport Resmi Milik Indonesia Jadi Penutup Manis

Halaman: 
Penulis : Riana