logo


Pertamina EP Dukung Kelompok Serasi Kembangkan Kerajinan Purun

Selain untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat, juga mempertahankan warisan leluhur

8 Januari 2019 10:08 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Istimewa

LANGKAT, JITUNEWS.COM - PT Pertamina EP (PEP), anak usaha PT Pertamina (Persero) mengimplementasikan tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan mengembangkan kerajinan anyaman purun di Jalan Paluh Tabuhan, Desa Lubuk Kertang, Kecamatan Brandan Barat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Gondo Irawan, Pertamina EP Asset 1 Pangkalan Susu Field Manager, mengatakan, Pertamina EP memiliki komitmen tinggi dalam memberdayakan masyarakat di sekitar operasi.

Kepedulian Pertamina EP terhadap kelompok perajin purun di Lubuk Kertang selain untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat, juga mempertahankan warisan leluhur yang sudah ada di desa tersebut agar tidak lekang oleh zaman.


Kebijakan Pembatasan Impor oleh Tiongkok Picu Penurunan HBA Bulan Ini

"Bahan baku purun banyak tersedia cukup banyak di desa ini. Karena itu, Pertamina EP Asset 1 Pangkalan Susu mendukung program yang dilakukan Kelompok Lestari. Apalagi secara ekonomi, kerajinan anyaman purun ini juga menguntungkan bagi masyarakat," tutur Gondo, belum lama ini.

Gondo mengatakan, Pertamina EP Asset 1 Pangkalan Susu telah membina Kelompok Lestari sejak akhir 2015. Diawali pemberian pelatihan bagi anggota kelompok mengenai kerajinan anyaman purun, Pertamina EP Asset 1 Pangkalan Susu juga memberikan bantuan lainnya untuk mendukung kegiatan kelompok.

"Kami memfasilitasi penyediaan mesin untuk pembuatan kerajinan purun, juga material untuk pembangunan ruangan bagi anggota Kelompok Serasi bekerja," ujar Gondo.

Kemudian, Nanang Abdul Manaf, Presiden Direktur PEP, meninjau Kelompok Serasi yang mayoritas kaum ibu tengah membuat kerajinan anyaman purun, Minggu (30/12) lalu.

Selanjutnya, Nanang memberi motivasi mengenai peran PEP dalam mendukung kegiatan pemberdayaan masyarakat sekitar operasi perusahaan.

"Program pemberdayaan masyarakat di bidang perekonomian adalah salah satu bentuk CSR Pertamina EP selain program lain seperti lingkungan, pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur (fasilitas sosial/fasilitas umum)," bebernya.

Kaleidoskop KESDM 2018 (4): 51% Saham Freeport Resmi Milik Indonesia Jadi Penutup Manis

Halaman: 
Penulis : Riana
 
×
×