logo


Kaleidoskop KESDM 2018 (4): 51% Saham Freeport Resmi Milik Indonesia Jadi Penutup Manis

Penghujung 2018 ditutup dengan sejarah besar bangsa terkait kepastian operasi Freeport di Indonesia

7 Januari 2019 20:57 WIB

Penandatangan divestasi saham Freeport ke Inalum.
Penandatangan divestasi saham Freeport ke Inalum. Istimewa

DESEMBER

1 Desember - Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, membagikan 314 paket konverter kit kepada nelayan kecil di Nagari Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, Padang Pariaman, Sumatera Barat. Sebelumnya, di Sumbar telah dibagikan 585 unit untuk nelayan kecil di kabupaten Pesisir Selatan.

4 Desember - Penandatanganan Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 47 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Penetapan Tarif Tenaga Listrik. Permen ESDM ini dilatar belakangi keberadaan sekitar 50 Wilayah Usaha Penyediaan Tenaga Listrik di Luar PT PLN (Persero), namun hanya beberapa Wilayah Usaha yang telah memiliki penetapan tarif tenaga listrik dari Pemerintah Daerah.


Kaleidoskop KESDM 2018 (2): PVMBG Raih Penghargaan Internasional, Gross Split Diminati Investor

5 Desember - Kementerian ESDM Raih Penghargaan Penerapan LHKPN Terbaik Tahun 2018. Penghargaan yang diterima Kementerian ESDM pada Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 2018 ini merupakan penghargaan kedua dalam dua tahun berturut-turut, setelah tahun 2017 menerima penghargaan Implementasi e-LHKPN Terbaik.

6 Desember - Menteri ESDM, Ignasius Jonan, meresmikan SPBU BBM Satu Harga, Pembagian 1.360 unit Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) yang tersebar di 21 Desa, di 5 Kabupaten dan pembagian paket Konversi Minyak Tanah ke LPG 3 KG saat kunjungan kerjanya di Pulau Nias, Sumatera Utara.

10 Desember - Menteri ESDM, Ignasius Jonan, meresmikan Green Energy Station di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak Umum (SPBU) 31.129.02 milik PT Pertamina (Persero), Kuningan, Jakarta Selatan yang menyediakan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) untuk mobil listrik.

10 Desember - 4 unit kerja Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada Apresiasi dan Penghargaan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) tahun 201 yaitu Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan, Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara, Pusat Pengembangan SDM Aparatur, dan Pusat Pengembangan SDM Migas.

11 Desember - Kementerian ESDM meraih Penghargaan Bhumandala Rajata dan Geoportal Terbaik 2018 oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) di Hotel Bidakara, Jakarta.

14 Desember - Kementerian ESDM membagikan 2.358 Unit LTSHE untuk warga Kabupaten Mimika, Provinsi Papua. Alokasi LTSHE untuk Kabupaten Mimika pada tahun 2018 sebanyak 2.358 unit yang tersebar di 4 Distrik, yaitu Distrik Jita, Alama, Hoya dan Amar.

15 Desember - 601 unit LTSHE juga dibagikan kepada warga Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua. Pemasangan LTSHE di Kabupaten Boven Digoel tahun 2018 dialokasikan sebanyak 601 unit yang tersebar di 7 Distrik, yaitu Distrik Kia, Sesnuk, Firiwage, Manggelum, Kawagit, Kombay dan Ambatkwi

15 Desember - Tiga daerah sulit air di Jawa Tengah, yang terletak di Kabupaten Kendal dan Kabupaten Semarang menerima bantuan sumur bor. Dua sumur terletak di Kabupaten Kendal, yaitu di Desa Sidodadi, Kec. Patean dan Desa Kedunggading, Kec. Ringinarum. Sementara satu sumur terletak di Desa Ujung-ujung, Kec. Pabelan, Kabupaten Semarang.

17 Desember - Kementerian ESDM mengoperasikan 17 unit Water Treatment yang tersebar di 15 lokasi di Kota Palu, Kab. Sigi dan Kab. Donggala, untuk 22.241 jiwa pengungsi dan penduduk di Sulawesi Tengah.

17 Desember - Menteri ESDM, Ignasius Jonan, didampingi Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana memberikan Penghargaan kepada 120 perusahaan yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ESDM Siaga Bencana yang diterjunkan pasca gempa bumi, tsunami, dan likuifaksi di Provinsi Sulawesi Tengah.

17 Desember - Kementerian ESDM meresmikan SPBU Kompak BBM Satu Harga ke 109 di wilayah Kecamatan Lunyuk, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

18 Desember - Kementerian ESDM meresmikan 8 unit sumur bor di Jawa Tengah, dengan rincian di Kabupaten Kebumen (2 unit), Kab. Purbalingga (1 unit), Kab. Cilacap (3 unit) dan Kab. Banjarnegara (2 unit).

19 Desember - Menteri ESDM, Ignasius Jonan, didampingi oleh Wakil Menteri ESDM di Kantor Kementerian ESDM menyerahkan kenaikan pangkat Anumerta dan Keputusan Pensiun kepada keluarga tiga orang pegawai Kementerian ESDM yaitu Inayah Fatwa Kurnia Dewi, Dewi Herlina dan Jannatun Cintya Dewi yang menjadi korban jatuhnya pesawat Lion Air PK LQP JT 610 pada tanggal 29 Oktober 2018.

20 Desember- Pemerintah memberikan bantuan 270 unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) dan 8 unit Sumur Bor air bersih untuk masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

20 Desember - Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, menyaksikan penandatanganan Kontrak Bagi Hasil Gross Split untuk Wilayah Kerja (WK) South Jambi B. WK ini merupakan hasil Penawaran WK Migas Tahap II Tahun 2018 dengan Kontraktor adalah Jindi South Jambi B Co. Ltd. Kontrak Kerja Sama berlaku selama 20 (dua puluh) tahun dengan nilai investasi mencapai USD 60 juta dengan Bonus Tanda Tangan sebesar USD 5 juta.

21 Desember - Kontrak Karya PT Freeport Indonesia resmi berubah menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus Operasi Produksi (IUPK-OP). Kepemilikan saham Indonesia melalui Inalum meningkat dari 9,36% menjadi 51,23%.

23 Desember - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) segera menerjunkan Emergency Response Team (ERT) ke wilayah terdampak bencana tsunami yang melanda Kabupaten Pandeglang, Serang, Provinsi Banten dan Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

26 Desember - Menteri ESDM, Ignasius Jonan, meresmikan gedung baru Pos Pengamat Gunung Agung di Desa Rendang, Bali. Peresmian pos pengamatan gunung berapi ini merupakan bagian dari rencana besar untuk memperbaiki pos-pos gunung api yang ada di Indonesia.

27 Desember - Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, mengumumkan Pemenang Penawaran Wilayah Kerja (WK) Migas Tahap III Tahun 2018 yang telah dilaksanakan pada tanggal 5 November 2018 sampai dengan 21 Desember 2018. Pemenang Penawaran Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi Konvensional Tahun 2018 adalah PT Pertamina (PERSERO), Pearloil (Theralite) Limited, Konsorsium Talisman Java B.V. dan Mitsui Oil Exploration co. ltd.

Kaleidoskop KESDM 2018 (3): Jokowi Resmikan PLTB Terbesar, Peningkatan Kualitas Pelayanan Jadi Prioritas

Halaman: 
Penulis : Riana