logo


Kaleidoskop KESDM 2018 (4): 51% Saham Freeport Resmi Milik Indonesia Jadi Penutup Manis

Penghujung 2018 ditutup dengan sejarah besar bangsa terkait kepastian operasi Freeport di Indonesia

7 Januari 2019 20:57 WIB

Penandatangan divestasi saham Freeport ke Inalum.
Penandatangan divestasi saham Freeport ke Inalum. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Memasuki kuartal ke-4 2018, pelaksanaan program pro-rakyat wujud Energi Berkeadilan yang meliputi BBM Satu Harga, percepatan Rasio Elektrifikasi, LTSHE, Sumur Bor, Jaringan Gas Rumah Tangga serta Konverter Kit terus dikebut. Tak lain untuk memberikan kerja optimal dengan prioritas pembangunan pada pembangunan infrastruktur sektor ESDM.

Namun, kuartal ke-4 juga bercerita tentang aktivitas kegeologian yang cukup berdampak bagi warga.

Gempa bumi, tsunami dan likuifaksi yang terjadi di wilayah Sulawesi Tengah, ditanggapi Kementerian ESDM dengan segera menurunkan Tim Siaga Bencana ESDM dalam membantu pemulihan dan memberikan akses energi bagi korban bencana.


Kaleidoskop KESDM 2018 (2): PVMBG Raih Penghargaan Internasional, Gross Split Diminati Investor

Penghujung 2018 ditutup dengan sejarah besar bangsa terkait kepastian operasi Freeport di Indonesia, ditandai tuntasnya proses divestasi 51% saham Freeport oleh Indonesia.

Berikut beberapa kilas balik cerita sektor ESDM pada kuartal ke-4 Tahun 2018, dikutip dari laman esdm.go.id, Senin (7/1):

OKTOBER

1 Oktober - Menteri ESDM, Ignasius Jonan, mengerahkan Tim ESDM Siaga Bencana Palu dan sekitarnya yang terdiri dari tim Rescue, medis, logistik hingga tim survei, dan penyediaan air bersih

4 Oktober - Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 2 Amurang, Sulawesi Utara dengan kapasitas 2 x 30 MW diresmikan guna memperkuat pasokan listrik Sistem Sulawesi

7 Oktober - Kementerian ESDM membagikan 100 unit Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) kepada para pengungsi korban gempa di Palu, Sigi dan Donggala guna memastikan kebutuhan masyarakat terhadap listrik tetap terpenuhi.

15 Oktober - Kementerian ESDM membagian paket konverter kit untuk 340 nelayan Mataram dan Cirebon yang merupakan bentuk kepedulian Pemerintah dalam memberikan akses energi yang bersih serta meningkatkan aktivitas perekonomian masyarakat.

25 Oktober - Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, membagikan 85 paket Konverter Kit kepada nelayan di Kabupaten di Kampung Sungai Nipah, Desa Painan, Kecamatan IV Jurai, Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

25 Oktober - Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, meresmikan sumur bor di Pondok Pesantren Prof. Hamka, Kota Padang, Sumatera Barat, untuk memberikan akses energi kepada masyarakat serta sebagai solusi penyediaan energi alternatif yang ramah lingkungan

26 Oktober - Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, meresmikan 2 sumur bor yang dipusatkan di Pondok Pesantren Al Makmur Tungkar, Situjuah Limo Nagari Kabupaten Lima Puluh Kota untuk meringankan masyarakat mencari sumber air bersih, terutama saat musim kemarau.

29 Oktober - Indonesia mendapatkan berbagai penghargaan dalam ajang ASEAN Energy Awards 2018. Penghargaan tingkat kawasan Asia Tenggara ini diberikan pada rangkaian pelaksanaan 36th ASEAN Minister on Energy Meeting di Marina Bay Sands, Singapura.

30 Oktober - Kementerian ESDM membagikan 1.261 Konverter Kit untuk nelayan kecil di Kabupaten Kepulauan Selayar. Pembagian konkit di Kabupaten Kepulauan Selayar ini merupakan pembagian konkit terbanyak untuk tahun 2018.

31 Oktober - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berhasil meraih penghargaan sebagai pengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) terbaik yang diberikan oleh Kementerian Keuangan pada saat peringatan puncak Hari Oeang ke-72 yang bertempat di Aula Dhanapala, Kementerian Keuangan. Tercatat, realisasi PNBP tahun 2017 meningkat sebesar 41,09% atau sebesar Rp12.392,15 miliar dari realisasi PNBP tahun 2016.

31 Oktober - Kementerian ESDM membagikan 494 Konverter Kit kepada nelayan di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Kaleidoskop KESDM 2018 (3): Jokowi Resmikan PLTB Terbesar, Peningkatan Kualitas Pelayanan Jadi Prioritas

Halaman: 
Penulis : Riana