logo


Hentikan Kebiasaan Minum Teh Setelah Makan, Bahaya! Bisa Sebabkan...

Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, minum teh setelah makan sudah jadi hal yang lumrah

7 Januari 2019 14:07 WIB

Teh dan kue
Teh dan kue net

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, minum teh setelah makan sudah jadi hal yang lumrah. Rasa dan aroma teh yang ringan tetapi kaya memang cocok untuk membantu membersihkan mulut dan lidah dari sisa-sisa makanan Anda.

Namun, tahukah Anda bahwa minum teh setelah makan ternyata ada efek sampingnya?

Melansir dari Hallo Sehat (07/01), setelah makan, pencernaan Anda bekerja untuk menyerap berbagai nutrisi dan zat dari makanan yang masuk. Teh bisa mengganggu proses ini. Untuk mencari tahu lebih jauh soal efek samping minum teh habis makan, simak alasannya berikut ini.


Jangan Lakukan 5 Kegiatan Ini Saat Menstruasi, Akibatnya Bisa Fatal!

Meski teh sangat bermanfaat bagi kesehatan, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda minum teh. Salah satunya adalah kapan Anda sebaiknya minum teh. Baru-baru ini diketahui bahwa minum teh setelah makan berisiko mengganggu pencernaan dan penyerapan nutrisi dalam tubuh Anda.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutritional Biochemistry menemukan bahwa kandungan asam tannin dan polifenol dalam teh bisa mengganggu penyerapan protein dan zat besi. Pasalnya, asam tannin dan polifenol akan mengikat kedua zat gizi ini di dalam usus.

Akibatnya tubuh tidak akan bisa menyerap dan mengurai zat-zat ini. Padahal, Anda membutuhkan protein dan zat besi untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh. Kegunaannya antara lain adalah membentuk jaringan dan sel-sel tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, menyediakan sumber energi, serta menghasilkan darah yang kaya oksigen.

Simak, 5 Penyakit Serius Ini Diawali dari Gejala Sakit Kepala Lho, Salah Satunya Radang Otak!

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma