logo


Satu Kebiasaan Ini Paling Sering Jadi Penyebab Nyeri di Tulang Punggung

Kamu sering mengalami nyeri di punggung atau tulang belakang?

5 Januari 2019 16:44 WIB

Sakit Pinggang / Pegal
Sakit Pinggang / Pegal Hello Sehat

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kamu sering mengalami nyeri di punggung atau tulang belakang? hal ini bisa dipengaruhi olej kebiasaan duduk yang salah. Kebiasaan duduk terlalu lama ternyata memberikan beban kepada tulang belakang sebanyak 1,5 kali lebih besar dibanding berdiri.

Inilah yang menyebabkan seseorang yang kesehariannya lebih banyak bekerja sambil duduk lama rentan terkena low back pain atau nyeri pada tulang belakang bagian bawah.

Baca juga: Begini Cara Mudah Hilangkan Formalin pada Makanan


Meneliti Bertahun-tahun, Akhirnya Ilmuan Ini Ungkap Cara Agar Tak Mudah Sakit

Melansir dari laman Glitzmedia, menurut dr. Harmantya Mahadhipta, Sp.OT dari RS. Premier Bintaro, beberapa masalah penyebab low pack pain adalah masalah pada bantalan sendi dan masalah pada otot punggung. Sebenarnya nyeri tulang belakang 80% dapat sembuh sendiri melalui istirahat, fisioterapi, dan konsumsi obat.

Namun, kamu perlu waspada jika ternyata nyeri punggung tidak kunjugn hilang setelah 1-2 minggu setelah ditangani oleh dokter. Apalagi jika kamu merasakan low back pain tersebut terasa hingga ke kaki seperti kesemutan, sulit buang air kecil, atau air besar. Ini tkamunya kamu perlu penanganan yang lebih advance.

Kalau pekerjaan kamu mengharuskan kamu untuk duduk dan berdiam dalam jangka waktu lama, pastikan kursi kamu memiliki skamuran lurus. Berikan bantalan di bagian punggung bawah. Jangan lupa untuk meregangkan tubuh kamu setiap 30 menit sekali.

Saat tidur, pilih tempat tidur yang ramah untuk tulang punggung yaitu tempat tidur dengan dengan kasur yang keras. Tempat tidur jenis ini dapat membantu menjaga tulang punggung. Penggunaan tempat tidur dengan kasur yang terlalu lunak atau empuk membuat punggung mudah pegal.

Wajib Konsumsi! Inilah 5 Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu