logo


Begini Cara Mudah Hilangkan Formalin pada Makanan

Formalin adalah zat pengawet yang sering disalah gunakan pada makanan.

5 Januari 2019 15:03 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Formalin biasa digunakan untuk mengawetkan bahan agar tidak mudah rusak. Tujuannya digunakan untuk industri seperti pengawetan triplek, kain, karpet, busa, obat pembersi lantai, dan lain-lain. Sayangnya, formlin sering disalah gunakan.

Sudah kerap terdengar kabar bahwa selagi ini banyak makanan mengandung formalin yang beredar dipasaran. Berikut ini cara menghilangkan formalin sebagaimana dilansir dari DokterSehat.

1. Menghilangkan Kandungan Formalin pada Ikan Asin, Daging


Sudah Tidur Cukup, Tapi Malah Kecapean Saat Bangun. Ini Penyebabnya!

Kamu dapat melakukan perendaman pada tiga type treatment merendam yakni bersama dengan Air, Air Garam, Air Leri (air bekas cucian beras).

Melakukan perendaman bersama dengan air dalam selagi 60 menit dapat menghilangkan 61,25% persentase formalin. Sedangkan merendam bersama dengan air bekas cucian beras (leri) dapat menghilangkan persentase formalin raih 66,03%. Apabila anda merendam bersama dengan air garam dapat menghilangkan sebanyak 89,53%.

2. Menghilangkan Kadar Formalin pada Mie (mie basah/mie ayam)

Khusus menghilangkan formalin dari mie basah, kita hanya perlu merendamnya dalam air panas hingga 30 menit dan kemudian mencucinya kembali dengan air bersih. Sementara itu, ikan segar bisa dihilangkan formalinnya dengan cara merendamnya di dalam larutan air dan cuka berkonsentrasi 5 persen selama 15 menit.

Meskipun terlihat sangat meyakinkan, pakar kesehatan menyebutkan bahwa bahan makanan yang sudah tercampur dengan formalin sebaiknya tidak dikonsumsi lagi. Meskipun kita sudah berusaha untuk menurunkan kadar formalin dari bahan makanan tersebut, bahan makanan ini sudah tidak layak untuk dikonsumsi dan bisa berbahaya bagi kesehatan.

Wanita Wajib Waspada Jika Merasakan 4 Gejala Ini Pasca Bercinta

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu